MENU TUTUP

Pesawat dari China Mendarat di Bali, AP I Siapkan Parkir dan Boarding Gate Khusus

Sabtu, 08 Februari 2020 | 11:35:14 WIB | Di Baca : 1287 Kali
Pesawat dari China Mendarat di Bali, AP I Siapkan Parkir dan Boarding Gate Khusus

 

SeRiau - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menyiapkan penanganan khusus untuk kedatangan pesawat China Eastern Ailines di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Pesawat tersebut dijadwalkan akan mengangkut Warga Negara RRT yang berada di Bali.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Hengki Angkasawan mengatakan, bersama dengan seluruh stakeholders terkait di Bandara I Gusti Ngurah Rai telah disepakati Standard Operations Procedures (SOP) Penanganan Penerbangan penjemputan warga negara RRT di Bali. Pertama, rute Guangzhou-Denpasar-Wuhan (CAN-DPS-WUH) sebagai penerbangan tanpa penumpang umum (Ferry Flight).

“SOP kedua yakni parkir pesawat ditempatkan jauh dari parkir pesawat reguler. Ketiga, dilakukan proses disinfektan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kemenkes setelah pesawat mendarat,” tuturnya, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (8/2/2020).

Keempat, proses check-in, ruang tunggu dan boarding gate disediakan secara khusus oleh penyelenggara bandara dengan pengawasan dari instansi masing-masing yaitu KKP, Otoritas Bandara (Otban) IV Bali, PT Angkasa Pura (AP) I, TNI dan Polri.

Sebelum penumpang menaiki pesawat, dilakukan pemeriksaan kesehatan menggunakan Thermo Scanner oleh petugas KKP di Ruang Tunggu dan dicek ulang oleh petugas medis Tiongkok di tangga pesawat.

Terakhir, petugas Ground Handling dan KKP yang memasuki pesawat harus memakai pakaian proteksi sesuai standar.

Sebelumnya, pemerintah memutuskan untuk menunda rute penerbangan dari dan ke China pada Rabu 5 Februari 2020 sampai waktu yang belum ditentukan. Hal ini dilakukan sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus Korona ke Indonesia.

 

 

 


Sumber Okezone


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Siswa SD Islam YLPI Riau Berhasil Wakili Riau ke Liga Indonesia di Jakarta

2

Beredar Rekaman Suara Diduga Caleg Gerindra Dapil 4 Dumai Ajakan Mencoblos Dirinya Dengan Nilai Uang Rp 200 ribu

3

63 Pleton Ramaikan PASGAPATIH III SMAN 4 Pekanbaru, Sahid: Junjung Sportifitas Saat Bertanding

4

Tradisi Petang Megang dan Pengaruhnya Dalam Perubahan Sungai Siak di Pekanbaru

5

PKS Kembali Pertahankan Kursi Ketua DPRD Pekanbaru di Pemilu 2024 - 2029