MENU TUTUP

Ilmuwan Temukan Daratan Paling Dalam di Muka Bumi

Ahad, 15 Desember 2019 | 10:09:09 WIB | Di Baca : 1471 Kali
Ilmuwan Temukan Daratan Paling Dalam di Muka Bumi


 

 

SeRiau Peta baru pegunungan, ngarai dan lembah yang selama ini tersembunyi di bawah es Antartika mengungkap temuan yang cukup mengejutkan. Yaitu titik terdalam di daratan Bumi ini.
 

Seperti dikutip detikINET dari Live Science, daerah selatan Antartika tampak datar dan tidak terlihat banyak hal dari atas. Namun rupanya di bawah lapisan es yang terakumulasi, ada benua kuno dengan tekstur yang beragam.

Titik terdalam di lokasi itu berupa ngarai yang dipenuhi es dan menembus 3,5 kilometer di bawah permukaan laut. Letaknya berada di bawah gletser Denman. Hanya ngarai di lautan yang lebih dalam dari jarak tersebut.

 

Sebagai perbandingan lagi, daratan terdalam di Bumi yang terbuka adalah pantai Laut Mati dengan kedalaman tercatat 'hanya' 413 meter di bawah permukaan laut

Penggambaran Antartika secara detail dalam peta bernama BedMachine Antartica buatan NASA ini diharapkan dapat membantu memperkirakan berapa banyak es yang akan hilang di Kutub Selatan.

"Menggunakan BedMachine untuk memperbesar sektor tertentu Antartika, kalian akan menemukan detail penting, misalnya tonjolan dan rongga di bawah es yang mungkin berakselerasi atau melambat," sebut Mathieu Morlighem, ilmuwan di University of California.

Memahami bagaimana es mengalir di Antartika semakin penting seiring terjadinya pemanasan global. Seandainya semua es di Antartika mencair, diperkirakan level air laut secara global bakal naik 60 meter dan dampaknya sangat merusak, terutama di wilayah pinggir pantai.

"Tanpa keraguan, ini adalah penggambaran paling akurat tentang apa yang ada di bawah lapisan es Antartika," cetus Mathieu yang telah mengerjakan proyek ini selama 6 tahun. (Sumber Detiknet.com)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid