MENU TUTUP

Usai Mundur, Eks Presiden Bolivia Evo Morales Kabur ke Meksiko

Selasa, 12 November 2019 | 22:36:41 WIB | Di Baca : 998 Kali
Usai Mundur, Eks Presiden Bolivia Evo Morales Kabur ke Meksiko

SeRiau - Mantan Presiden Bolivia, Evo Morales, dilaporkan kabur ke Meksiko setelah diberi suaka oleh negara itu. Dia meninggalkan negaranya menggunakan pesawat Angkatan Udara Meksiko, setelah mundur akibat tekanan dari oposisi dan militer beberapa waktu setelah pemilihan umum yang dinilai curang.

"Sangat menyakitkan bagi saya karena harus meninggalkan negara karena alasan politik, tetapi saya akan tetap memperhatikan. Saya akan segera kembali dengan kekuatan dan energi yang lebih besar," cuit Morales melalui akun Twitter, seperti dilansir Associated Press, Selasa (12/11).

Dalam foto yang beredar terlihat Morales duduk di dalam kabin sebuah pesawat sambil membentangkan bendera Meksiko. Gambar itu disebar oleh Menteri Luar Negeri Meksiko, Marcelo Ebrard.

Ebrard menyatakan pesawat itu sudah meninggalkan Bolivia dan Morales saat ini dijamin aman.

Morales yang berkuasa sejak 2006, dinyatakan menang dalam pemilihan presiden 20 Oktober lalu dengan selisih tipis.

Pihak oposisi menuding ada kecurangan dalam penghitungan suara, sehingga kemenangan Morales dipertanyakan. Sejak itu, massa turun ke jalan untuk melakukan protes.

Organisasi Negara-negara Amerika melakukan audit pemilihan dan mereka menyatakan menemukan penyimpangan dalam pemilu Bolivia.

Sebelum menyatakan mengundurkan diri, Morales setuju diadakan pemilu baru, tetapi hal itu tak mampu meredam gejolak publik. Massa pendukung dan penentangnya terlibat bentrok di jalanan Ibu Kota La Paz.

Sebanyak tiga orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka dalam unjuk rasa. Para komandan militer dan kepolisian akhirnya ikut bergabung mendukung pengunduran diri Morales.

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador menganggap Morales merupakan korban "sebuah kudeta".

Meksiko juga telah menerima suaka setidaknya 20 pejabat tinggi pemerintahan Morales yang kini masih berada di kedutaan Bolivia di Mexico City.

Sebelum menjadi presiden yang berasal dari suku asli, Morales bekerja sebagai penggembala Llama dan ketua serikat petani koka. Selama masa kepemimpinannya, Morales dianggap berhasil meningkatkan perekonomian negara yang termasuk miskin dan kesejahteraan warga. (**H)


Sumber: CNN Indonesia


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Lapas Bagansiapiapi Bersama Warga Binaan Gelar Shalat Idul Fitri 1445 H

5

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H