MENU TUTUP

DPRD Pekanbaru Minta Ganti Papan ISPU

Selasa, 10 September 2019 | 08:44:49 WIB | Di Baca : 2821 Kali
DPRD Pekanbaru Minta Ganti Papan ISPU

 

SeRiau- Ketua Sementara DPRD Kota Pekanbaru, Hamdani berencana akan menganggarkan untuk mengganti papan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) yang ada di Kota Pekanbaru, karena dua papan ISPU yang ada saat ini, dinilai sudah tidak layak lagi dan sering tidak akur dalam mengukur polusi udara.

"Saya tak tahu ini apakah dianggarkan Pemko apa tidak, kemarin yang sahkan bukan kita, kita belum lihat mata anggaran, kalau belum (dianggarkan,red) kita anggarkan," kata Hamdani, saat ditemui di DPRD Pekanbaru, kemarin.

Disebutkannya, bahwa keberadaan papan ISPU memang harus jadi perhatian serius, karena alat ini menjadi sumber informasi bagi masyarakat luas tentang kondisi polusi udara di Kota Pekanbaru. Jika alat tersebut eror atau tidak akurat lagi, maka bisa menjadi petaka bagi masyarakat.

"Papan ISPU ini kan sudah lama, secara umur elektronik sudah habis masanya, kendaraan saja 5 tahun diganti mungkin sama seperti itu, harus ada peremajaan indikator udara kita di Pekanbaru ini, sehat atau apa," terangnya.

Sebagai kota besar yang disebut kota metropolitan, lanjut Hamdani, maka Pekanbaru memang harus ada papan ISPU. Ada atau pun tidak ada bencana kabut asap.

Namun kondisi saat ini, dua papan ISPU yang ada di Kota Pekanbaru, yakni di Simpang SKA Jalan Tuanku Tambusai dan samping Kantor Walikota jalan Jendral Sudirman, menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat.

Pasalnya, indikator yang muncul di papan itu menunjukkan udara di Pekanbaru berada di level sedang, sementara pada website BMKG, sudah disebutkan bahwa kondisi udara di Kota Pekabaru berada di level tidak sehat bahkan mencapai level sangat tidak sehat, pada Senin kemarin. Padahal, papan ISPU ini menjadi patokan bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan meliburkan sekolah.

"Kota besar Pekanbaru harus ada (papan ISPU), ada asap atau tidak ada asap, untuk mengetahui polusi kota kita ini," pungkas Hamdani. (***)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid