MENU TUTUP

Gempa Magnitudo 8.0 Guncang Peru

Ahad, 26 Mei 2019 | 20:27:44 WIB | Di Baca : 1052 Kali
Gempa Magnitudo 8.0 Guncang Peru

SeRiau - Sebuah gempa kuat dengan magnitudo 8.0 dilaporkan mengguncang Peru pada Minggu pagi waktu setempat (26/5/2019), dan membuat warga mengungsi.

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), pusat gempa itu dilaporkan berada di sekitar 75 km arah selatan-tenggara Lagunas, dan 180 km di timur Moyobamba.

Adapun seperti dikutip Al Jazeera, kedalaman gempa itu adalah 110 km dengan otoritas lokal menyebutnya "kedalaman menengah", dan dirasakan hingga ibu kota Lima.

"Beberapa kerusakan dan korban mungkin terjadi. Sementara dampaknya hanya dirasakan di sekitar lokasi gempa," terang USGS dalam pernyataan awal.

Adapun Institut Geofisika Peru sebagaimana diberitakan AFP menyatakan, gempa dirasakan selama dua menit dengan magnitudo-nya dinaikkan menjadi 7.5 dari semula 7.2.

Hingga saat ini, belum dilaporkan adanya korban jiwa. " Gempa dengan kedalaman ini biasanya hanya mmeberi kerusakan kecil di permukaan. Namun bisa dirasakan di luar episentrumnya," kata USGS.

Presiden Martin Vizcarra dalam kicauannya di Twitter meminta warganya untuk tetap tenang. "Saat ini, kami tengah menganalisis area yang terdampak," terang dia.

Laporan awal di televisi lokal menyatakan terdapat kerusakan di bangunan kota Yurimaguas yang letaknya dekat dengan pusat gempa. Namun hingga saat ini belum ditemukan korban.

Pacific Tsunami Warning Center menerangkan, mereka tidak memasang status tsunami pada gempa yang terjadi karena letaknya terlalu dalam di Bumi.

Februari lalu, terjadi gempa berkekuatan 7.5 yang berlokasi di negara tetangga Ekuador, dan sempat mengguncang kawasan pantai serta wilayah Amazon di utara Peru.

Gempa tersebut mengakibatkan sembilan orang terluka dan sejumlah bangunan rusak. Namun, Peru tidak terpengaruh.

Peru berada di wilayah yang disebut Cincin Api Pasifik. Di mana mayoritas aktivitas seismik Bumi berada. (**H)


Sumber: KOMPAS.com


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Kuasa Hukum Korban Penipuan Investasi Bodong di Dumai Lakukan Somasi Kepada Terduga Pelaku

2

Lulusan Institut MASTER, 80 Persen Sudah Bekerja dan Siap Jadi Agen Perubahan

3

Plt Kadisdik Riau Apresiasi Semarak SMK 2024 Tanpa Biaya APBD Riau

4

Kirim 3 Cabang ke FLS2N Seleksi Tingkat Nasional, Ini Target Kepala SMAN 13 Pekanbaru

5

Inilah Pemenang O2SN SMK Tingkat Provinsi Riau, Juara Pertama Wakili Riau ke Nasional