MENU TUTUP

Status Ancaman Selandia Baru Turun ke Level Menengah

Rabu, 17 April 2019 | 18:54:53 WIB | Di Baca : 1002 Kali
Status Ancaman Selandia Baru Turun ke Level Menengah

SeRiau - Tingkat ancaman keamanan nasional Selandia Baru telah diturunkan menjadi level menengah, Rabu (17/4). Sebelumnya tingkat keamanan dinaikkan menjadi tinggi setelah penembakan massal di Christchurch pada 15 Maret yang menewaskan 50 orang.

"Sementara tingkat ancaman telah direvisi menjadi sedang, dan tidak ada lembaga ancaman spesifik saat ini merespons, orang akan terus melihat kehadiran polisi yang jelas di acara-acara publik, termasuk pada Hari Anzac," kata Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern dalam pernyataannya, Rabu (17/4).

Sebelumnya seorang teroris penembakan masjid telah didakwa melakukan pembunuhan di dua tempat ibadah di Christchurch. Teroris asal Australia ini menghadapi 50 tuduhan pembunuhan, dan 39 percobaan tuduhan pembunuhan di pengadilan. Pembantaian itu telah mengguncang negara yang biasanya penuh dengan kedamaian. Pada saat itu dua masjid diserang oleh teroris yakni di Al Noor, dan Linwood.

Sebagian besar korban merupakan migran atau pengungsi dari negara-negara seperti Pakistan, India, Malaysia, Indonesia, Turki, Somalia, Afghanistan, dan Bangladesh. Seorang supremasi kulit putih tersebut tinggal di Dunedin, di Pulau Selatan Selandia Baru.

Di samping itu, insiden penembakan ini disiarkan langsung di Facebook selama 17 menit. Kemudian disalin, serta dibagikan di situs media sosial di internet. Facebook mengatakan pihaknya berusaha keras untuk menghapus ratusan ribu salinan tersebut. (**H)


Sumber: REPUBLIKA.CO.ID


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Siswa SD Islam YLPI Riau Berhasil Wakili Riau ke Liga Indonesia di Jakarta

2

Beredar Rekaman Suara Diduga Caleg Gerindra Dapil 4 Dumai Ajakan Mencoblos Dirinya Dengan Nilai Uang Rp 200 ribu

3

63 Pleton Ramaikan PASGAPATIH III SMAN 4 Pekanbaru, Sahid: Junjung Sportifitas Saat Bertanding

4

Tradisi Petang Megang dan Pengaruhnya Dalam Perubahan Sungai Siak di Pekanbaru

5

PKS Kembali Pertahankan Kursi Ketua DPRD Pekanbaru di Pemilu 2024 - 2029