MENU TUTUP

Ikon Wisata Batu Payung Lombok Roboh

Rabu, 03 April 2019 | 14:19:56 WIB | Di Baca : 1198 Kali
Ikon Wisata Batu Payung Lombok Roboh

SeRiau - Batu payung yang menjadi ikon objek wisata di Pantai Tanjung Aan, Dusun Gerupuk, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, roboh karena faktor alam yang sering dihajar gelombang dari Samudera Hindia.

"Tidak ada yang tersisa, kejadiannya pada 31 Maret 2019 sekitar pukul 21.00 Wita," kata tokoh pemuda di kawasan objek wisata Pantai Tanjung Aan, Wawan kepada Antara di Mataram, Rabu.

Ia mengungkapkan saat peristiwa itu terjadi, dirinya tengah berada di pantai Tanjung Aan yang berjarak sekitar 10 menit jika menggunakan perahu ke Batu Payung.

"Suaranya terdengar keras saat batu payung itu roboh," katanya.

Kejadian robohnya batu payung tidak menelan korban karena terjadi pada malam hari. Padahal, biasanya pada pagi hari sampai sore hari, kawasan Pantai Batu Payung banyak dikunjungi wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri untuk menikmati keindahan pantainya.

"Sebenarnya sejak 2 minggu lalu, sudah banyak yang memberitahukan adanya retakan itu. Retakannya semakin besar dibandingkan sebelumnya. Akhirnya roboh itu batu payung," katanya.

Pantai Batu Payung itu menjadi jualan utama bagi warga yang didominasi para pemuda, untuk mengajak wisatawan untuk mengunjungi tempat itu dengan menggunakan perahu. Termasuk Pulau Bukit Kura-Kura dan Bukit Merese.

Kawasan wisata bahari di Tanjung Aan ini memiliki daya magnet tersendiri mengingat pantainya yang menyerupai merica dengan melengkung seperti tapal kuda. Sertai airnya yang jernih hingga layak untuk dijadikan tempat berlibur akhir pekan bersama keluarga.

Warga yang menggantungkan hidupnya dari Pantai Tanjung Aan mengkhawatirkan robohnya ikon daerah itu akan mengurangi jumlah wisatawan.

"Jelas kami khawatir karena Batu Payung menjadi tempat paling favorit oleh wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri," kata Wawan, pemuda yang menyewakan perahu di kawasan Tanjung Aan, Rabu.

Selama ini, para pelaku sewa perahu menawarkan paket perjalanan kepada wisatawan untuk berkunjung ke Batu Payung, gua di Pulau Bukit Kura-Kura dan Bukit Merese. (**H)


Sumber: CNN Indonesia


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid