MENU TUTUP

Trump: Rusia Harus Keluar dari Venezuela!

Kamis, 28 Maret 2019 | 01:12:28 WIB | Di Baca : 1115 Kali
Trump: Rusia Harus Keluar dari Venezuela!

SeRiau - Presiden ASDonald Trump, pada Rabu (27/3/2019), mendesak kepada Rusia untuk mengakhiri dukungannya kepada pemimpin Venezuela, Nicolas Maduro.

Pernyataan Trump itu muncul setelah laporan yang menyebut Rusia telah mengirimkan sekitar 100 personel militernya ke negara yang tengah dilanda krisis politik itu.

"Rusia harus keluar!" kata Trump di Gedung Putih dengan didampingi Fabiana Rosales, istri pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido.

Amerika Serikat bersama dengan lebih dari 50 negara lainnya telah menyatakan dukungannya terhadap Guaido sebagai presiden sementara, menggantikan Maduro yang tidak diakui.

Trump sebelumnya mengatakan bahwa setiap opsi terkait Venezuela tetap dipertimbangkan, termasuk langkah penggunaan kekuatan militer, yang telah ditentang banyak negara Amerika Latin.

"Mereka (pemerintah Venezuela) berada dalam tekanan sekarang. Mereka tidak memiliki uang, tidak punya minyak, mereka tidak punya apa-apa. Mereka mendapat banyak tekanan dan mereka juga tidak memiliki listrik," ujar Trump.

"Selain militer, Anda tidak bisa mendapatkan tekanan lebih dari yang sudah mereka rasakan.. Semua opsi masih mungkin dilakukan," tambahnya, dikutip AFP.

Kedatangan Rosales selaku perwakilan dari Guaido ke Washington telah mendapat sambutan penting dan dianggap sebagai salah satu upaya meningkatkan hubungan dengan oposisi Venezuela yang kini mendapat tekanan parah dari Maduro.

Tiba di Washington pada Rabu (27/3/2019), Rosales akan bertemu dengan Ibu Negara AS, Melania Trump di Florida, sehari berikutnya.

Sebelumnya, Rosales juga telah bertemu secara terpisah dengan Wakil Presiden Mike Pence, yang berperan penting dalam sikap agresif pemerintah AS terhadap Maduro.

"Amerika Serikat memandang kehadiran pesawat militer Rusia di Venezuela pada akhir pekan ini sebagai provokasi yang tidak disukai dan kami menyerukan Rusia untuk menghentikan seluruh dukungannya terhadap rezim Maduro," ujar Pence. (**H)


Sumber: KOMPAS.com


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid