MENU TUTUP

Penembak Masjid Christchurch Rilis Manifesto sebelum Beraksi

Jumat, 15 Maret 2019 | 17:58:05 WIB | Di Baca : 1096 Kali
Penembak Masjid Christchurch Rilis Manifesto sebelum Beraksi

 

 

SeRiau - Pelaku penembakandi Masjid Al Noor, Selandia Baru, merilis dokumen manifesto yang menjelaskan motif di balik keputusannya untuk melancarkan teror.

Dalam dokumen 73 halaman berjudul "The Great Replacement" itu, pria yang diketahui bernama Brenton Tarrant tersebut mengaku ingin menyerang umat Muslim.

Tarrant juga mengidentifikasi dirinya sebagai seorang warga Australia berusia 28 tahun dan berasal dari keluarga kelas menengah ke bawah dalam manifesto tersebut.

Dikutip The Guardian, Tarrant juga menegaskan motivasinya dalam melakukan penembakan massal, yakni ingin "menciptakan ketakutan dan menghasut kekerasan terhadap umat Muslim."

Dalam manifesto itu, Tarrant juga menyinggung nama Darren Osbourne, pelaku teror di kompleks Masjid Finsbury Park, London, Inggris, pada Juni 2017 lalu.

AFP melaporkan bahwa selain manifesto, Tarrant juga sempat mengunggah sejumlah foto beberapa senapan hitamnya yang dihiasi tulisan-tulisan berwarna putih di pada 13 Maret lalu, sebelum akun Twitter-nya dihapus.

Tulisan-tulisan itu dikabarkan merupakan nama dari beberapa tokoh militer bersejarah dalam bahasa Inggris dan bahasa Eropa Timur.

Dalam video siaran langsungnya yang sempat beredar viral di media sosial, Tarrant terlihat dengan santai memarkir mobilnya di sebuah gang yang terletak di sebelah masjid. 

Ia langsung mengambil sejumlah senapan lalu berjalan santai menuju masjid sambil sesekali terdengar bersiul. 

Sesampainya di depan masjid, pria itu melepaskan tembakan ke umat yang sedang beribadah di sana. Terekam pula beberapa orang mengerang di lantai masjid. 

Sejumlah orang lainnya terlihat terkapar tak berdaya. Tarrant bahkan masih menembaki orang-orang yang sudah tergeletak di lantai masjid. 

 

 

Sumber CNN Indonesia

 


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Lapas Bagansiapiapi Bersama Warga Binaan Gelar Shalat Idul Fitri 1445 H

5

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H