MENU TUTUP

Dua WNI Terluka dalam Penembakan di Masjid Selandia Baru

Jumat, 15 Maret 2019 | 15:46:42 WIB | Di Baca : 1091 Kali
Dua WNI Terluka dalam Penembakan di Masjid Selandia Baru


SeRiau - Dua warga negara Indonesia (WNI) terluka akibat penembakan di salah satu masjid di Christchurch, Selandia Baru, pada Jumat (15/3).

"Dua WNI terluka. Ayah anak yang terluka saat ini dirawat Christchurch Hosptial. Ayahnya di ICU, kritis, anaknya di ruang biasa," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir, kepada CNNIndonesia.com.

Menurut Arrmanatha, kedua WNI itu baru saja pindah ke Christchurch beberapa bulan lalu.

Sebelumnya, Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya, mengatakan bahwa enam WNI berada di Masjid Al Noor saat pelaku penembakan menjalankan aksinya di tempat ibadah tersebut.

Tantowi mengatakan ia mendapatkan laporan itu dari seorang mahasiswa Indonesia yang tengah beribadah di masjid tersebut saat insiden terjadi. Mahasiswa tersebut melapor kepadanya melalui telepon.

Dia bersama dua rekannya yang juga WNI mengaku berhasil kabur dan bersembunyi di sebuah rumah warga di dekat lokasi kejadian.

"Mahasiswa itu menelepon. Dia mengabarkan bahwa dia melihat ada tiga WNI lain yang masih salat di masjid, tapi tidak tahu keadaannya sekarang," kata Tantowi.

Menurut Arrmanatha, dua WNI yang dirawat ini bukan bagian dari enam orang tersebut. Arrmanatha belum mendapatkan kabar soal ketiga orang yang tak bisa dihubungi itu.

Tantowi menyatakan KBRI terus berupaya memantau perkembangan terkini terkait situasi dan kondisi di lokasi kejadian. 

Berdasarkan data Kementerian Luar Negeri RI, sebanyak 331 WNI tinggal di Christchurch, 134 orang di antaranya merupakan mahasiswa.

Di Jakarta, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan Indonesia mengecam keras penembakan tersebut. Melalui pernyataan, Retno juga mengungkapkan duka cita kepada seluruh korban dan keluarga korban.

Selain di Masjid Al Noor, penembakan juga terjadi di masjid di Linwood Avenue. Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, mengatakan 40 orang tewas dalam dua penembakan ini.

"Kami meyakini bahwa 40 orang tewas dalam insiden kekerasan ekstremisme ini. Jelas bahwa insiden ini hanya bisa digambarkan sebagai serangan terorisme," kata Ardern dalam jumpa pers di Wellington. 

 

 

Sumber CNN Indonesia

 


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H

4

Wujudkan Momen Manis Silahturahmi Dengan Berkendara #Cari Aman

5

Sambut Mudik 2024, PLN Tambah 5 SPKLU di Riau