MENU TUTUP

Bernie Sanders Akan Maju dalam Pilpres AS 2020

Selasa, 19 Februari 2019 | 19:36:42 WIB | Di Baca : 1217 Kali
Bernie Sanders Akan Maju dalam Pilpres AS 2020

SeRiau - Senator Bernie Sanders pada Selasa (19/2) mengumumkan akan kembali maju dalam pemilihan presiden Amerika Serikat pada 2020. Bersama Partai Demokrat, Sanders berharap mengalahkan Donald Trump yang menurut dia "memalukan".

Pengumuman tersebut disampaikan Senator negara bagian Vermont ini dalam wawancara dengan radio lokal VPR. Dalam wawancara tersebut, dia berharap membentuk tim relawan pemenangan yang terdiri dari 1 juta orang.

"Saya ingin rakyat negara bagian Vermont yang pertama tahu hal ini. Dan yang saya janjikan, saya akan mengubah negara ini, membawa nilai yang kita banggakan di Vermont --tentang keadilan, kemasyarakatan, dan politik akar rumput, di rapat kota-- dan akan menyebarkannya ke seluruh negeri," kata Sanders.

Sebelumnya pada pilpres 2016 Sanders kalah dari Hillary Clinton dalam pemilihan kandidat capres Partai Demokrat. 

Sanders, politisi independen yang menggunakan Partai Demokrat sebagai kendaraan untuk maju pilpres, masih akan mengusung misi yang sama seperti pemilu 2016, yaitu jaminan kesehatan universal, upah minimum USD 15 per jam, dan mengurangi utang pendidikan mahasiswa.

Dalam wawancara dengan VPR, pria 77 tahun ini menyampaikan alasannya untuk kembali maju dalam pilpres. Menurut dia, presiden AS saat ini, Donald Trump, memalukan negara.

"Saya kira pemimpin saat ini di Gedung Putih telah mempermalukan negara ini," kata Sanders.

"Saya kira dia (Trump) pembohong patologis...saya kira dia rasis, seksis, homofobia, xenofobia, seseorang yang ambil keuntungan politik dari mengincar minoritas, seringkali imigran yang tidak terdaftar," lanjut Sanders.

Kabar akan majunya Sanders sebagai capres 2020 muncul sejak pekan lalu. AFP memberitakan, Sanders bahkan telah membuat video tentang pencalonan dirinya sebagai capres, namun belum diketahui kapan akan dirilis. (**H)


Sumber: kumparanNEWS


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

NasDem Usung H Bistamam - Jhony Charles bertarung di Rokan Hilir

2

PPDB Jalur Bosda Afirmasi SMA/SMK Swasta Diperpanjang Hingga 10 Juli

3

15 Anak Autis Ikut Khitanan Massal IDI Cabang Pekanbaru dan ULD Disdik Riau

4

Dua Bersaudara Perenang Riau Aquatic Pekanbaru Raih Medali Emas di Brunei

5

35 Siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru Berkemajuan Lulus SNBT, Dua Siswa Lulus Kedokteran UGM dan UNAND