MENU TUTUP

Uni Eropa Siap Bantu Indonesia Atasi Bencana Tsunami Selat Sunda

Ahad, 23 Desember 2018 | 19:17:39 WIB | Di Baca : 1432 Kali
Uni Eropa Siap Bantu Indonesia Atasi Bencana Tsunami Selat Sunda

SeRiau - Bencana tsunami yang menimpa wilayah sekitar Selat Sunda menjadi perhatian di Eropa. Presiden Komisi Eropa, badan eksekutif Uni Eropa, menyatakan belasungkawa atas bencana ini melalui suratnya kepada Presiden Joko Widodo. UE juga menyatakan siap membantu Indonesia mengatasi bencana.

Dalam surat tertanggal Minggu, 23 Desember 2018, Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker mengatakan turut sedih atas bencana yang sekali lagi mengguncang Indonesia.

"Saya sedih mendengar tragedi sekali lagi mengguncang Indonesia," tulis Juncker dalam suratnya. 

"Belasungkawa kami sampaikan kepada keluarga korban dan kepada mereka yang terdampak tsunami di sekitar Selat Sunda," lanjut Juncker.

Tsunami Selat Sunda yang diduga terjadi akibat aktivitas anak gunung Krakatau menerpa pantai Banten dan Lampung pada Sabtu malam (22/12) . Hingga Minggu (23/12) pukul 16.00 WIB, jumlah korban tewas sudah mencapai 222 orang, sementara 843 orang terluka.

Selain itu, akibat tsunami sudah ada 556 unit rumah rusak, 9 unit hotel rusak berat, 60 warung kuliner rusak, 350 kapal dan perahu rusak. 

Tidak ada warga asing yang jadi korban dalam peristiwa ini. Upaya pencarian korban masih terus dilakukan hingga saat ini. Juncker mengatakan Uni Eropa siap memberikan uluran tangan bagi Indonesia.

"Saya mendoakan kekuatan dan keberanian bagi tim tanggap bencana yang sedang bekerja. Komisi Eropa siap membantu upaya penyelamatan yang sedang berlangsung," kata Juncker. (**H)


Sumber: kumparanNEWS


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H

5

Wujudkan Momen Manis Silahturahmi Dengan Berkendara #Cari Aman