MENU TUTUP

Dinsos Incar Koordinator Gepeng

Senin, 26 November 2018 | 22:30:05 WIB | Di Baca : 1359 Kali
Dinsos Incar Koordinator Gepeng

SeRiau - Dinas Sosial dan Pemakaman (Dinsospem) kota Pekanbaru akan mengincar koordinator Gelandangan dan Pengemis (Gepeng). Pasalnya, Gepeng diprediksi akan meningkat jelang natal dan tahun baru. Hal ini tak lepas Dinsospem berjibaku dengan Satpol PP untuk mengincar koordinatornya.

Demikian diungkapkan oleh Bustami selaku Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Pekanbaru. Ia juga menyebutkan para gepeng yang sebagian besar berasal dari luar Pekanbaru memanfaatkan momen. Untuk meraup untung dari belas kasihan orang lain.

"Apalagi trend kehadiran gepeng ini marak terjadi d hari kebesaran. Apalagi dalam waktu dekat ini hari natal, otomatis banyak gepeng mangkal di gereja-gereja. Soalnya, kedatangan gepeng dinilai telah menyebabkan penyakit sosial yang marak di Pekanbaru, terutama di hari besar keagamaan. Makanya menangkap koordinator gepeng ini menjadi salah satu target kami bersama satpol PP," paparnya.

Langkah ini, kata Bustami, dilakukan seiring melonjaknya jumlah Gepeng. Sebab ditengarai adanya oknum yang menjadi koordinator bagi kedatangan pengemis, gelandangan, anak jalanan, dan pengamen.

Dengan menangkap mereka, kata Bustami, bisa memotong mobilisasi Gepeng yang berasal dari luar daerah masuk ke Pekanbaru "Mereka memang sifatnya musiman, jadi saat momen seperti tahun baru akan ramai," katanya.

Namun Bustami menuturkan bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pekanbaru tetap akan menggelar razia. "Kita berharap dinsos daerah asal mereka (gepeng,red) bisa memberi pengertian. Tapi kitakan tidak bisa menjamin mereka datang lagi," katanya.

Untuk mengantisipasi maraknya gepeng, saat ini Dinsos dan Satpol PP Pekanbaru mengincar koordinator para gepeng. Yang nantinya akan diberi sanksi, sehingga dapat mengurangi jumlah gepeng. Sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kota Pekanbaru, Riau, No. 12 tahun 2008 tentang Gelandangan dan Pengemis dengan denda sebesar Rp50 juta. (**H)


Sumber: Pekanbaru.Go.Id


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Benny Langsung Sembelih Hewan Kurban, SMAN 13 Pekanbaru Potong 4 Hewan Kurban

2

Kurikulum Merdeka Ditanah Air, Memerdekakan Pendidikan Ditanah Melayu

3

Buka Tutup. Gelper di Dumai Jadi Lahan Mencari Uang Setoran

4

Suwandi Pimpin Rapat Persiapan Idul Adha dan Pelaksanaan Kurban

5

Gelar Aksi Bersih dan Olah Sampah, PLN Berkolaborasi dengan Masyarakat Pelestari Lingkungan serta Perkumpulan Pengelola Sampah dan Bank Sampah Nusantara di Pekanbaru