MENU TUTUP

KTT APEC Memanas, Diplomat China Paksa Masuk ke Kantor Menlu PNG

Ahad, 18 November 2018 | 18:23:29 WIB | Di Baca : 1314 Kali
KTT APEC Memanas, Diplomat China Paksa Masuk ke Kantor Menlu PNG

 

SeRiau - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC di Papua Nugini memanas. Beberapa diplomat China dikabarkan mencoba menerobos masuk ke kantor Menteri Luar Negeri Papua Nugini (PNG).

Akibat kejadian tersebut, Polisi PNG dikerahkan untuk mencegah para diplomat tersebut masuk ke kantor Menlu Papua Nugini di Port Morseby.

Menurut beberapa sumber pejabat lokal Papua Nugini, aksi nekat para diplomat China tersebut ditujukan melobi Papua Nugini untuk mempengaruhi hasil akhir APEC.

"Pihak kepolisian ditempatkan di luar kantor menteri luar negeri," sebut sumber tersebut seperti dikutip dari AFP, Kamis (18/11).

Insiden diplomatik di APEC dipicu oleh perselisihan antara Amerika Serikat dan China. KTT APEC kali menjelang penutupan gagal menyepakati komunike bersama.

Terkait ulah delegasi China, Menlu Pato menyebut dirinya tak mau bernegosiasi dengan China didasari alasan tepat.

"Tidak pantas bagi seorang Menteri untuk bernegosiasi seorang diri dengan China, pejabat China pasti tahu mengenai ketentuan ini," sebut Pato.

Sementara itu, pejabat Kemlu China Zhang Xianglong membantah kabar adanya beberapa diplomat China yang coba memaksa masuk ke kantor Kemlu PNG.

"Kabar itu tak benar," ucap Zhang.

Bukan pertama kalinya diplomat China berulah di forum internasional. Pada Forum Kepulauan Pasifik September lalu, Presidden Nauru Baron Waqa menuntut China meminta maaf karena diploma China keluar dari walk out karena tak mau berpidato sesudah pemimpin negara-negara pasifik menyampaikan pidato.

 

 

 

Sumber kumparan


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

PKS Kembali Pertahankan Kursi Ketua DPRD Pekanbaru di Pemilu 2024 - 2029

2

DPRD Pekanbaru Ingatkan Caleg Jangan Lakukan Serangan Fajar

3

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Riau Bersinergis Dalam Menciptakan Pemilu 2024 Aman dan Damai

4

Capella Honda Bersama HPCI Berbagi ke Panti Asuhan Yang Terkena Banjir

5

Batas Akhir Pengisian PPDS 9 Februari, Kepsek: 141 Siswa SMAN 2 Pekanbaru Bersaing di SNBP