MENU TUTUP

Simak 7 Hal Penting Sebelum Membeli Mobil Bekas

Rabu, 14 November 2018 | 12:40:03 WIB | Di Baca : 1489 Kali
Simak 7 Hal Penting Sebelum Membeli Mobil Bekas

 

SeRiau - Membeli mobil bekas? Kenapa tidak? Harganya jauh lebih miring dari harga mobil baru. Namun penampilan dan performa, tidak terlalu jelek. Jika kamu bisa memilihnya, kamu tidak akan menyesal membeli mobil bekas, namun dengan harga miring.

Bahkan kamu bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus: mendapatkan harga mobil yang bersahabat di kantong, juga mendapatkan mobil kesayangan. Ada baiknya kamu menyimak tujuh hal ini sebelum membeli mobil bekas. Berikut ulasan HaloMoney.co.id berikut ini :

1.    Amati bagian bawah

Tempatkan mobil di atas permukaan tanah yang rata sebelum kamu memeriksa kondisi mobil. Dengan kondisi seperti ini, akan memudahkan kamu untuk memeriksa semua ban dan bisa melihat bagian mobil yang turun dengan mudah sehingga mengetahui rekam jejak pemakaian mobil.

Dari kondisi ban tersebut, kamu akan mengetahui kondisi mobil tersebut. Apakah mobil bekas tersebut masih cukup fit atau sudah kurang sehat.
Masih pada bagian bawah mobil, setelah ban, kamu harus cermat untuk mengetahui sejarah pemakaian mobil dengan mengamati komponen-komponen di bagian bawah. Apakah kondisi kaki- kaki (rangka) masih terlihat normal atau sudah turun. Kondisi rangka mobil ini sangat penting.

Jika jarak ban dengan bodi mobil terkesan terlalu mepet sehingga terlihat tidak normal, mungkin sebaiknya kamu mulai curiga dan memperjelas penggunaan mobil tersebut sebelumnya. Sangat mungkinmobil tersebut telah mengalami perbaikan besar. 

2.    Periksa bodi mobil

Kondisi mobil bekas Jakarta yang telah mengalami kecelakaan atau tabrakan yang cukup parah akan sangat sulit untuk dihilangkan. Meskipun bisa ditutupi sehingga ketika kita melihatnya secara sekilas seakan- akan tidak pernah terjadiapa- apa.

Berhubungan dengan hal itu para pemilik mobil ini akan membawanya kebengkel ketok magic. Di bengkel tersebut bodi yang penyok akan dimodifikasi sedemikian rupa agar kembali halus seperti semula.

Metode ketok magic yang diklaim dapat menghilangkan penyok masih memiliki kelemahan. Garis-garis yang simetris dalam lekukan bodi dari ketok magic tidak bisa 100% sama seperti seperti sedia kala.

Kamu akan menemukan beberapa garis lekukan yang arahnya melenceng dari seharusnya dan terlihat tidak sama. Apabila kamu menemukan ada yang janggal pada garis-garis mobil bekas Jakarta tersebut bisa dipastikan jika mobil yang akan kamu beli itu sudah pernah mengalami benturan pada 
bodinya.

3.    Periksa cat

Selanjutnya kamu mungkin bisa memeriksa dengan teliti kondisi cat mobil. Perhatikan apakah ada titik-titik karat, penyok atau goresan. Pertama, lihat secara perlahan apakah warnanya masih terlihat harmonis atau tidak. Biasanya akan sangat terlihat bagian bodi yang pernah dicat ulang, yaitu terlihatnya cat yang tampak agak berbeda warnanya, meskipun sangat tipis.

Jika kamu sulit membedakan warna cat mobiltersebut, lihat permukaan sisi mobil dari ujung ke ujung. Jika ada yang bergelombang itu tandanya bagian tersebut sudah pernah dicatulang.
Untuk melihat apakah pernah dicatulang ata utidak, bisa dengan menyapukan jari kamu ke sepanjang tepi panel bodi. Jika ada bagian yang kasar, bisa jadi itu adalah bekas lakban penutup saat cat ulang.

4.    Cermati dan periksa mesin mobil

Pada blok mesin, cermati apakah ada noda oli atau tidak. Jika ada, berarti ada kebocoran di sana, dan mungkin membutuhkan perbaikan besar nantinya. Oli yang bocor ini adalah rembes yang terjadi karena kerusakan pada seal oil packing. 

Jika terjadi kerusakan, bisa berarti mesin mobil sering overheat (kepanasan) saat digunakan. Coba bandingkan dengan jumlah jarak tempuh pada odometer mobil tersebut.

5.    Cermati kaca mobil bagian depan dan belakang

Untuk mengetahui sejarah pemakaian mobil periksa juga pada dua bagian kacanya, kaca depan dan kaca belakang. Pastikan jangan sampai kamu lupa untuk memeriksanya karena pada kaca depan dan belakang mobil adalah bagian yang paling rawan mengalami benturan dankecelakaan.

Khusus untuk mobil yang pernah mengalami tabrakan hebat sehingga memecahkan kaca, biasanya akan berpengaruh pada posisi pemasangan kacanya yang tidaksempurna.

Untuk memeriksanya sangat mudah dengan caramenyemprotkan air pada bagian tersebut karena jika pemasangan kaca yang kurang bagus akanmenyebabkan air yang kita semprotkan tersebut akan merembes melalui celah pada kaca.

6.    Test drive

Test drive adalah cara paling mudah dan paling dapat kamu percayai untuk mengetahui sejarah mobil yang akan kamu beli. Mintalah izin kepada pemilik mobil untuk kamu coba kendarai mobilnya. 

Jika sang penjual atau pemilik mobil itu menolaku ntukmemberikan izin kepada kamu, maka lebih baik kamu tidak jadi membeli mobil bekas Jakarta tersebut. Test drive bisa meyakinkan kamu apakah mobil masih dalam keadaan stabil atau tidak saat berjalan.

Nah, setelah menyimak tujuh hal yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil bekas Jakarta, kamu jadi lebih teliti dan pede untuk membeli mobil bekas. 

Tips diharapkan akan meminimalisir kerugian sehingga kamu tidak menyesal karena telah memeriksanya dengan cermat. Selamat memilih mobil bekas kesayanganmu!

7. Bawa mekanik sendiri

Hal ini penting, karena bila kita tidak memahami soal mesin agar tidak dibohongi si penjual, ada baiknya bawa orang yang memahami soal mesin. 

Paling tidak sedikit dia paham soal mesin yang paling mendasar, seperti kendaraannya pernah tabrakan atau tidak, pernah turun mesin atau tidak atau itu barang asli atau curian, kelengkapan surat-surat kendaraan.

 

 

 

Sumber Okezone


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau dan Bank BJB Gelar Buka Bersama

2

PLN Siaga Pastikan Keandalan Pasokan Listrik Selama Idul Fitri 1445 H

3

Dukung Mudik Kebangsaan, PT KPI Unit Dumai Turut Melepas Rombongan Pemudik dengan Dua Unit Bus Gratis

4

Rangkaian Ramadan Ceria UMRI Ditutup dengan Buka Puasa Bersama

5

Disponsori Perusahaan Migas, DPP PKWACI Sukses Buat Acara Berbuka Puasa dan Berbagi Paket Lebaran