MENU TUTUP

18 Tersangka Pembunuhan Khashoggi Akan Diadili di Arab Saudi

Sabtu, 27 Oktober 2018 | 17:53:45 WIB | Di Baca : 1076 Kali
18 Tersangka Pembunuhan Khashoggi Akan Diadili di Arab Saudi

SeRiau - Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir, menegaskan bahwa para tersangka pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi akan diadili di Arab Saudi. Penegasan ini menanggapi seruan Turkiagar para tersangka diekstradisi untuk diadili di Istanbul.

"Untuk isu ekstradisi, para indvidu-individu ini merupakan warga negara Saudi. Mereka ditahan di Arab Saudi dan penyelidikannya di Arab Saudi dan mereka akan diadili di Arab Saudi," tegas Al-Jubeir dalam pernyataan saat menghadiri forum pertahanan kawasan di Bahrain, seperti dilansir AFP, Sabtu (27/10/2018). 

Pernyataan Al-Jubeir ini disampaikan setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyerukan agar Saudi mengekstradisi 18 tersangka yang ditahan di Saudi terkait penyelidikan pembunuhan Khashoggi. Diketahui bahwa 18 tersangka itu semuanya berkewarganegaraan Saudi.

"Kami akan mengatasinya," ujar Al-Jubeir merujuk pada penyelidikan kasus Khashoggi.

"Isu ini, seperti saya katakan sebelumnya, sedang diselidiki. Kita akan tahu kebenarannya. Kita akan mengadili mereka yang bertanggung jawab. Dan kita akan memberlakukan mekanisme untuk memastikan hal seperti ini tidak terjadi lagi," cetusnya. 

Setelah menyangkal selama beberapa minggu, otoritas Saudi akhirnya mengakui bahwa Khashoggi tewas dalam pembunuhan yang telah direncanakan. Namun pertanyaan soal lokasi jenazah Khashoggi dan siapa pemberi perintah pembunuhan masih belum terjawab.

Otoritas Saudi menahan 18 tersangka dan memecat lima pejabat senior pemerintahan sebagai bagian dari penyelidikan mereka atas kasus Khashoggi. Beberapa orang di antaranya diketahui memiliki keterkaitan dengan Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS). Negara-negara Barat mencurigai MBS ikut bertanggung jawab atas pembunuhan Khashoggi, namun otoritas Saudi menyangkal dugaan itu.

Dalam pernyataan terbarunya, Erdogan menyebut dirinya telah berbicara dengan MBS terkait kasus Khashoggi. Ditegaskan Erdogan bahwa dalam pembicaraan dia menyatakan agar 18 tersangka yang kini ditahan di Saudi seharusnya diadili di Turki.

"Insiden ini terjadi di Istanbul. Jadi, serahkan mereka (18 tersangka-red) kepada kami dan biarkan kami mengadili mereka," tegasnya. Laporan terbaru menyebut kantor jaksa Istanbul telah mengajukan permohonan ekstradisi 18 tersangka itu kepada otoritas Saudi pada Jumat (26/10) waktu setempat. (**H)


Sumber: detikNews


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid