MENU TUTUP

Kanada Mengaku Turut Jadi Sasaran Serangan Siber Rusia

Kamis, 04 Oktober 2018 | 22:55:20 WIB | Di Baca : 1098 Kali
Kanada Mengaku Turut Jadi Sasaran Serangan Siber Rusia

SeRiau - Pemerintah Kanada menyatakan bahwa mereka telah turut menjadi sasaran dari serangan siber yang dilancarkan Rusia.

Pernyataan tersebut menyusul sejumlah negara yang mengaku telah berhasil menggagalkan upaya peretasan yang dilakukan oleh Moskwa.

Melansir dari AFP, Kanada mengklaim upaya peretasan telah terdeteksi pada pusat etik olahraga dan Badan Anti-Doping Dunia (WADA) yang bermarkas di Montreal.

"Pemerintah Kanada menilai dengan keyakinan tinggi bahwa kekuatan intelijen militer Rusia, GRU, sebagai pihak yang bertanggung jawab atas serangan itu," demikian pernyataan dari kementerian luar negeri, Kamis (4/10/2018).

Ottawa menambahkan, hal tersebut telah menunjukkan pergerakan pemerintah Rusia yang telah melanggar batas, mengabaikan hukum internasional dan melemahkannya.

Pemerintah Kanada turut mengajak kepada pihak-pihak yang menjunjung aturan yang berlaku untuk bersama-sama melakukan pembelaan.

Badan intelijen Rusia dituduh sebagai pihak yang berada di belakang upaya menembus akses ke jaringan resmi yang dimiliki Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) yang terjadi pada bulan April lalu.

Atas hal itu, Belanda telah mengusir empat agen tersangka, sedangkan Inggris dan Australia sepakat menuding intelijen Rusia.

Sementara AS menuduh tujuh agen Moskwa telah meretas WADA pada 2016. Tuduhan itu diperkuat bocoran yang dirilis kelompok peretas Rusia, Fancy Bears, yang memuat rekam medis atlet yang dimiliki WADA.

Pada tahun yang sama, Pusat Etik Olahraga Kanada mengklaim telah mendapat serangan malware yang memaksa membuka akses tanpa izin ke pusat jaringan mereka. (**H)


Sumber: KOMPAS.com


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid