MENU TUTUP

Warga Palu Kenang Jembatan Kuning: Tempat Mengadu Jika Ada Masalah

Selasa, 02 Oktober 2018 | 21:12:03 WIB | Di Baca : 2149 Kali
Warga Palu Kenang Jembatan Kuning: Tempat Mengadu Jika Ada Masalah

SeRiau - Gempa berkekuatan 7,4 magnitudo dan tsunami yang terjadi di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9) tak hanya memakan ribuan korban jiwa, tetapi juga menimbulkan berbagai kerusakan.

Mulai dari bangunan hingga fasilitas publik rusak bahkan hilang ditelan gempa. Salah satunya Ikon kota Palu yakni jembatan Ponulele.

Pantauan kumparan, Selasa (2/10) di lokasi jembatan yang sering disebut jembatan kuning itu kini sudah rubuh dan terputus akibat gempa dan tsunami. 

Ibarat kota mati, kawasan tersebut sangat sepi dan gelap gulita. Beberapa warga terlihat berdiam diri di bagian sisa badan jembatan yang masih utuh sembari menatap ke arah laut yang sudah menyapu perumahan warga yang berada di kawasan jembatan tersebut.

Warga menyebut jembatan tersebut dengan sejuta kenangan, cerita dan sejarah bagi beberapa orang. Salah satunya bagi Wandi. Ia menjadikan jembatan tersebut sebagai tempat merenung dan mencoba mendamaikan diri dari segelumit permasalahn hidup. 

“Ini tempat kesukaan saya kalau lagi punya masalah. Angin malamnya terasa dingin dan menenangkan. Apalagi kalau duduk di dekat bibir sungai yang langsung menyatu dengan lautan,” ujar Wandi kepada kumparan, Selasa (2/10), di Jembatan Ponulele, Palu.

Sering kali setiap setelah mengunjungi dan merenung di tempat tersebut ia memiliki semangat baru lagi.

Namun kini jembatan kuning yang dulunya penuh gemerlap warna-warni lampu yang eksotis, hilang dalam sekejap diterjang tsunami.

Seiring berjalanya waktu, warga berharap jembatan bisa dibangun kembali untuk memudahkan akses transportasi warga yang menguhubungkan Palu Barat dan Palu Timur.

“Semoga lekas dibangun kalau semuanya sudah membaik dan kita bisa lagi beraktifitas seperti biasa,” pungkasnya.

Jembatan dengan panjang sekitar 250 meter ini kini tak lagi berfungsi, namun beberapa warga ada yang menyempatkan berkunjung untuk melihat kerusakan jembatan. (**H)


Sumber: kumparanNEWS


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H

2

Dirut PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik, Pastikan 1.299 Unit Se-Indonesia Siaga Layani Pengguna Mobil Listrik

3

Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau dan Bank BJB Gelar Buka Bersama

4

PLN Siaga Pastikan Keandalan Pasokan Listrik Selama Idul Fitri 1445 H

5

Dukung Mudik Kebangsaan, PT KPI Unit Dumai Turut Melepas Rombongan Pemudik dengan Dua Unit Bus Gratis