MENU TUTUP

Warga Palu Kenang Jembatan Kuning: Tempat Mengadu Jika Ada Masalah

Selasa, 02 Oktober 2018 | 21:12:03 WIB | Di Baca : 2136 Kali
Warga Palu Kenang Jembatan Kuning: Tempat Mengadu Jika Ada Masalah

SeRiau - Gempa berkekuatan 7,4 magnitudo dan tsunami yang terjadi di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9) tak hanya memakan ribuan korban jiwa, tetapi juga menimbulkan berbagai kerusakan.

Mulai dari bangunan hingga fasilitas publik rusak bahkan hilang ditelan gempa. Salah satunya Ikon kota Palu yakni jembatan Ponulele.

Pantauan kumparan, Selasa (2/10) di lokasi jembatan yang sering disebut jembatan kuning itu kini sudah rubuh dan terputus akibat gempa dan tsunami. 

Ibarat kota mati, kawasan tersebut sangat sepi dan gelap gulita. Beberapa warga terlihat berdiam diri di bagian sisa badan jembatan yang masih utuh sembari menatap ke arah laut yang sudah menyapu perumahan warga yang berada di kawasan jembatan tersebut.

Warga menyebut jembatan tersebut dengan sejuta kenangan, cerita dan sejarah bagi beberapa orang. Salah satunya bagi Wandi. Ia menjadikan jembatan tersebut sebagai tempat merenung dan mencoba mendamaikan diri dari segelumit permasalahn hidup. 

“Ini tempat kesukaan saya kalau lagi punya masalah. Angin malamnya terasa dingin dan menenangkan. Apalagi kalau duduk di dekat bibir sungai yang langsung menyatu dengan lautan,” ujar Wandi kepada kumparan, Selasa (2/10), di Jembatan Ponulele, Palu.

Sering kali setiap setelah mengunjungi dan merenung di tempat tersebut ia memiliki semangat baru lagi.

Namun kini jembatan kuning yang dulunya penuh gemerlap warna-warni lampu yang eksotis, hilang dalam sekejap diterjang tsunami.

Seiring berjalanya waktu, warga berharap jembatan bisa dibangun kembali untuk memudahkan akses transportasi warga yang menguhubungkan Palu Barat dan Palu Timur.

“Semoga lekas dibangun kalau semuanya sudah membaik dan kita bisa lagi beraktifitas seperti biasa,” pungkasnya.

Jembatan dengan panjang sekitar 250 meter ini kini tak lagi berfungsi, namun beberapa warga ada yang menyempatkan berkunjung untuk melihat kerusakan jembatan. (**H)


Sumber: kumparanNEWS


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid