MENU TUTUP

Dituduh Plagiat, PM Spanyol Akui Ada Kesalahan dalam Bukunya

Sabtu, 22 September 2018 | 05:28:56 WIB | Di Baca : 1094 Kali
Dituduh Plagiat, PM Spanyol Akui Ada Kesalahan dalam Bukunya

SeRiau - Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez mengakui ada kesalahan dalam bukunya yang diduga plagiat. Dalam buku itu ada beberapa bagian pidato diplomat yang ditulis tanpa memberikan referensi. 

"Ada kesalahan dalam referensi yang akan diperbaiki dalam edisi baru," kata Sanchez kepada wartawan di Salzburg, Austria, seperti dikutip AFP pada Jumat (21/9). 

Berita ini muncul ketika Universitas Madrid diduga terlibat skandal "Mastergate" di mana para politisi papan atas bahkan pemimpin konservatif dari Partai Popular memperoleh gelar masternya dengan cara curang.

Surat Kabar Spanyol, El Pais melaporkan bahwa buku yang ditulis oleh Sanchez dan pejabat ekonomi lainnya pada 2013 lalu direproduksi tanpa ada tanda kutip atau referensi apapun. 

Pemerintah Spanyol mengatakan kepada El Pais bahwa penulisan itu merupakan kesalahan yang tidak disengaja dan para penulis akan memperbaikinya. 

Buku yang berjudul "The Spanish Economy's New Diplomacy" sama dengan tesis doctoral Sanchez pada 2012 serta ada penambahan pidato dari diplomat.

Pada pekan lalu, Sanzhez dan mantan profesor ekonomi dipaksa melawan tuduhan yang menyebut dirinya menjiplak tesis seluruh paragraf dari sebuah artikel. 

Dirinya mengancam akan mengambil tindakan hukum terhadap media yang menerbitkan klaim tersebut dan membuat tesisnya secara online bisa diakses publik. 

Di Salzburg, Sanchez mengatakan bahwa dirinya bersedia memberikan penjelasan kepada Senat. Namun, dia diperingatkan berada dalam oposisi tidak membuat keributan. 

Pemimpin Partai Podemos, Pablo Iglesias dan sekutu Sanchez mengatakan jika Perdana Menteri harus menjelaskan persoalan itu sendiri. (**H)


Sumber: CNN Indonesia


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid