MENU TUTUP

Dituduh Plagiat, PM Spanyol Akui Ada Kesalahan dalam Bukunya

Sabtu, 22 September 2018 | 05:28:56 WIB | Di Baca : 1126 Kali
Dituduh Plagiat, PM Spanyol Akui Ada Kesalahan dalam Bukunya

SeRiau - Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez mengakui ada kesalahan dalam bukunya yang diduga plagiat. Dalam buku itu ada beberapa bagian pidato diplomat yang ditulis tanpa memberikan referensi. 

"Ada kesalahan dalam referensi yang akan diperbaiki dalam edisi baru," kata Sanchez kepada wartawan di Salzburg, Austria, seperti dikutip AFP pada Jumat (21/9). 

Berita ini muncul ketika Universitas Madrid diduga terlibat skandal "Mastergate" di mana para politisi papan atas bahkan pemimpin konservatif dari Partai Popular memperoleh gelar masternya dengan cara curang.

Surat Kabar Spanyol, El Pais melaporkan bahwa buku yang ditulis oleh Sanchez dan pejabat ekonomi lainnya pada 2013 lalu direproduksi tanpa ada tanda kutip atau referensi apapun. 

Pemerintah Spanyol mengatakan kepada El Pais bahwa penulisan itu merupakan kesalahan yang tidak disengaja dan para penulis akan memperbaikinya. 

Buku yang berjudul "The Spanish Economy's New Diplomacy" sama dengan tesis doctoral Sanchez pada 2012 serta ada penambahan pidato dari diplomat.

Pada pekan lalu, Sanzhez dan mantan profesor ekonomi dipaksa melawan tuduhan yang menyebut dirinya menjiplak tesis seluruh paragraf dari sebuah artikel. 

Dirinya mengancam akan mengambil tindakan hukum terhadap media yang menerbitkan klaim tersebut dan membuat tesisnya secara online bisa diakses publik. 

Di Salzburg, Sanchez mengatakan bahwa dirinya bersedia memberikan penjelasan kepada Senat. Namun, dia diperingatkan berada dalam oposisi tidak membuat keributan. 

Pemimpin Partai Podemos, Pablo Iglesias dan sekutu Sanchez mengatakan jika Perdana Menteri harus menjelaskan persoalan itu sendiri. (**H)


Sumber: CNN Indonesia


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Kuasa Hukum Korban Penipuan Investasi Bodong di Dumai Lakukan Somasi Kepada Terduga Pelaku

2

Lulusan Institut MASTER, 80 Persen Sudah Bekerja dan Siap Jadi Agen Perubahan

3

Plt Kadisdik Riau Apresiasi Semarak SMK 2024 Tanpa Biaya APBD Riau

4

Kirim 3 Cabang ke FLS2N Seleksi Tingkat Nasional, Ini Target Kepala SMAN 13 Pekanbaru

5

Inilah Pemenang O2SN SMK Tingkat Provinsi Riau, Juara Pertama Wakili Riau ke Nasional