MENU TUTUP

Tips 'Bersih-bersih' Memori iPhone Sebelum Update iOS 12

Rabu, 19 September 2018 | 11:47:35 WIB | Di Baca : 1261 Kali
Tips 'Bersih-bersih' Memori iPhone Sebelum Update iOS 12

 

SeRiau - Apple memastikan akan mulai menggulirkan pembaruan peranti lunak iOS 12 mulai Senin (17/9). Pembaruan serupa juga bisa didapatkan oleh pengguna iPhone, iPad, dan iPod varian tertentu.

Sebelum mulai mengunduh dan memasang iOS 12, Apple sudah mewanti-wanti pengguna untuk mem-back up data dan menyediakan ruang cukup pada memori ponsel.

Bukan rahasia jika pembaruan peranti lunak khususnya pada perangkat lawas bisa memakan memori dalam jumlah besar. Agar ponsel tidak 'lemot' dan muncul notifikasi bahwa memori kian menipis, cek cara berikut.

Pastikan Anda mengecek fitur atau aplikasi apa yang paling banyak menghabiskan memori ponsel. Melalui menu pengaturan, Anda bisa mengatur konten mana saja yang hendak dihapus atau disimpan dalam iCloud.

Cek settings > general > iPhone storage, Anda akan melihat berapa banyak memori terpakai dan tersisa. Fitur dan aplikasi yang paling banyak menghabiskan memori.

Untuk fitur dan aplikasi tertentu, Anda bisa memilih 'offload app' agar data dan dokumen yang tersimpan di dalamnya tetap ada meskipun aplikasi akan terhapus dari ponsel. Opsi ini akan mengembalikan semua data dan dokumen ketika aplikasi tersebut kembali terpasang di ponsel Anda.

Lain halnya jika Anda memilih untuk menghapus aplikasi, maka data yang tersimpan di dalamnya akan ikut lenyap.

Khusus untuk foto dan galeri yang kerap menghabiskan memori, Anda bisa membuatnya lapang dengan memilih opsi menyimpan otomatis foto ke 'iCloud Photo Library'.

Jika Anda pernah merasa sudah menghapus banyak foto dan video di galeri, tapi memori masih terasa sesak maka ada baiknya Anda ikut menghapus secara permanen data-data tersebut. Pada submenu iPhone storage > aktifkan 'recently deleted' album > pilih kosongkan.

Apple memastikan pembaruan peranti lunak iOS 12 untuk sejumlah varian iPhone, iPad, dan iPod touch yang kini telah mendukung iOS 11.4.1. Sejumlah perangkat yang masuk dalam daftar yang bisa mendapatkan pembaruan iOS 12 antara lain iPhone 5s hingga generasi teranyar, iPad Pro12,9 inci generasi pertama dan kedua, iPad Pro 10,5 inci, iPad Pro 9,7 inci, iPad generasi kelima dan keenam, iPad Air dan iPad Air 2, iPad mini 2, 3, dan 4, serta iPod touch generasi keenam

 

 

 


Sumber CNN Indonesia


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid