MENU TUTUP

Perancis Tuding Rusia Berusaha Memata-matai dari Angkasa

Sabtu, 08 September 2018 | 14:00:03 WIB | Di Baca : 1279 Kali
Perancis Tuding Rusia Berusaha Memata-matai dari Angkasa

SeRiau - Menteri Pertahanan Perancis Florence Parly menyebut satelit Rusia berusaha menyabotase komunikasi rahasia satelit mereka.

Pernyataan itu disampaikan saat berpidato di pusat penelitian luar angkasa Perancis (Cnes) di Toulouse, dilansir Russian Today Jumat (7/9/2018).

Parly menjelaskan, satelit Luch-Olimp Rusia mendekati Athena-Fidus milik Perancis-Italia, dan parkir pada ketinggian 36.000 kilometer di 2017.

Menteri 55 tahun itu menuturkan, dia menduga Luch-Olimp berada di orbit Eropa untuk mencegat transmisi komunikasi rahasia yang digunakan militer Perancis.

"Berusaha mendengarkan percakapan tetangga Anda bukan saja tidak sopan. Itu juga bentuk aksi memata-matai," kecam Parly/

Dia berkata, manuver itu membuat Perancis berada dalam bahaya sehingga isu tersebut harus dijadikan prioritas utama.

Fungsi asli Luch-Olimp tidak diketahui. Dari laporan yang beredar, diduga satelit itu merupakan bagian dari infrastruktur intelijen Rusia.

Satelit yang diluncurkan pada September 2014 itu menuai perhatian setelah mendekati dua satelit Amerika Serikat (AS), Intelsat 7 dan 901.

BBC mewartakan, manuver itu membuat pusat komando luar angkasa AS sampai menghubungi Moskwa untuk memprotes manuver yang dianggap tidak aman tersebut.

"Kami masih melakukan pantauan terhadap satelit itu, dan di bulan-bulan setelahnya, aktivitasnya meningkat dengan mendekati target lain," tutur Parly.

Ini bukan kali pertama Rusia melakukan manuver di luar angkasa yang membuat negara Barat meningkatkan kewaspadaan.

Sebelumnya, mereka dituding menguji coba kemampuan anti-satelit. Bahkan membuat misi untuk melenyapkan satelit lain. (**H)


Sumber: KOMPAS.com


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Benny Langsung Sembelih Hewan Kurban, SMAN 13 Pekanbaru Potong 4 Hewan Kurban

2

Kurikulum Merdeka Ditanah Air, Memerdekakan Pendidikan Ditanah Melayu

3

Buka Tutup. Gelper di Dumai Jadi Lahan Mencari Uang Setoran

4

Suwandi Pimpin Rapat Persiapan Idul Adha dan Pelaksanaan Kurban

5

Gelar Aksi Bersih dan Olah Sampah, PLN Berkolaborasi dengan Masyarakat Pelestari Lingkungan serta Perkumpulan Pengelola Sampah dan Bank Sampah Nusantara di Pekanbaru