MENU TUTUP

Sering Ngecek HP Pasangan Diam-diam, Bolehkah?

Senin, 20 Agustus 2018 | 13:17:37 WIB | Di Baca : 1390 Kali
Sering Ngecek HP Pasangan Diam-diam, Bolehkah?

 

 

SeRiau – Di era ini, mengintip ponsel atau hp pasangan adalah hal yang sangat mudah dilakukan. Anda bisa mengetahui siapa yang dikiriminya pesan terakhir kali, apa yang ada di dalam media sosialnya, dan lain-lain.

Banyak orang yang melakukan hal ini. Menurut survei tahun 2014 yang dilakukan Avast, perusahaan piranti lunak antivirus, 1 dari 4 wanita dan 1 dari 5 pria secara diam-diam memeriksa ponsel pasangannya.

Perilaku seperti ini sebenarnya menunjukkan kurangnya rasa percaya Anda pada pasangan, seperti yang diungkapkan psikolog Ryan Howes.

"Ini menunjukkan bahwa Anda tidak percaya apa yang pasangan katakan dan memperlihatkan siapa Anda sebenarnya. Dan, siapa diri Anda itu tercermin dari komunikasi dan pencarian di ponsel," ujar Howes.

Orang seringkali melihat isi ponsel pasangan karena khawatir ada rahasia atau aktivitas gelap yang mungkin disembunyikan pasangan. Tapi, mengintip secara diam-diam hanya akan memancing lebih banyak perilaku yang ditutup-tutupi dalam hubungan.

Sementara terapis seks Shannon Chavez mengatakan, kebiasaan memeriksa ponsel pasangan dikarenakan hal itu lebih mudah dilakukan karena mengonfrontasi secara langsung permasalahan atau kecurigaan yang dirasakan lebih sulit dilakukan. Hal ini menandakan adanya masalah seputar keintiman dan komunikasi di antara pasangan.

Jadi, apakah boleh memeriksa ponsel pasangan tanpa sepengetahuannya? Jawabannya jelas, tidak. Karena, itu merupakan pelanggaran privasi pasangan Anda dan merusak kepercayaan, belum lagi ini adalah perilaku yang tidak produktif.

"Memeriksa ponsel pasangan tanpa izin menunjukkan adanya komunikasi yang rusak. Mencari sesuatu pada ponsel pasangan tanpa izin bisa langsung merusak kepercayaan hanya untuk memenuhi keinginan Anda. Hal itu memicu kecurigaan dan asumsi yang menyebabkan ketidakamanan dan marah," ujar Chavez.

Jika Anda merasakan dorongan untuk memeriksa ponsel pasangan, konselor khusus untuk para pria Kurt Smith menyarankan, pikirkan apa yang sebenarnya mendorong Anda untuk mengintip.

"Tanyakan pada diri Anda: Apa yang ingin saya capai? Apakah hal ini bisa memperbaiki segala sesuatu? Bagaimana bisa saya melakukan hal yang bisa merusak kepercayaan daripada membangun kepercayaan?" ujar Smith.

Dan jika Anda merasa pasangan mengecek ponsel Anda, cobalah mengutarakan masalah ini dengan cara yang dewasa dan tanpa menuduh.
"Mengungkapkan langsung kerahasiaan dan ketidakjujuran perlu untuk mendukung hubungan yang sehat. 

Katakan pada pasangan apa yang Anda rasakan mengenai cara yang sembunyi-sembunyi itu. Tanyakan bagaimana perasaan mereka jika Anda melakukan itu padanya. Lalu diskusikan perbedaannya, solusi yang tepat ketika mengecek ponsel masing-masing," lanjut Smith.

 

 

 

 

 


Sumber VIVA.CO


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau dan Bank BJB Gelar Buka Bersama

2

PLN Siaga Pastikan Keandalan Pasokan Listrik Selama Idul Fitri 1445 H

3

Dukung Mudik Kebangsaan, PT KPI Unit Dumai Turut Melepas Rombongan Pemudik dengan Dua Unit Bus Gratis

4

Rangkaian Ramadan Ceria UMRI Ditutup dengan Buka Puasa Bersama

5

Disponsori Perusahaan Migas, DPP PKWACI Sukses Buat Acara Berbuka Puasa dan Berbagi Paket Lebaran