MENU TUTUP

Trump Ajak Berunding, Iran Sebut Presiden AS Tak Dapat Dipercaya

Selasa, 31 Juli 2018 | 23:08:02 WIB | Di Baca : 1092 Kali
Trump Ajak Berunding, Iran Sebut Presiden AS Tak Dapat Dipercaya

SeRiau - Tawaran Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk bertemu dengan Presiden Iran Hassan Rouhani dengan mengatakan "tanpa syarat" dan "kapan pun mereka mau", nampaknya tidak mendapat respons positif dari Iran.

Diketahui, Trump sempat menyatakan, "Saya akan menemui siapa saja. Saya percaya pada pertemuan," kata Presiden Trump kepada awak media di Gedung Putih, Senin 30 Juni 2018, waktu Amerika.

Pendekatan lunak Presiden Trump ini ditempuh setelah ia dan Presiden Hassan Rouhani terlibat dalam perang kata-kata awal bulan ini. Perang kata-kata juga pernah terjadi antara Presiden Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, tetapi keduanya kemudian rujuk dan meggelar pertemuan tingkat tinggi di Singapura pada Juni lalu.

Namun, Iran bersikap hati-hati menanggapi tawaran pertemuan Presiden Trump tanpa syarat-syarat. Menteri Dalam Negeri Abdolreza Rahmani Fazli, mengatakan Teheran tidak dapat berunding dengan Trump karena tidak bisa dipercaya.

Wakil Ketua Parlemen Ali Motajhari mengatakan jika saja AS tidak menarik diri dari kesepakatan nuklir, maka tidak masalah berunding dengan Washington.

Pangkal persoalan antara Presiden Trump dan Presiden Rouhani adalah keputusan Amerika Serikat keluar dari kesepakatan nuklir yang membatasi kegiatan nuklir Iran sebagai imbalan atas pencabutan sejumlah sanksi internasional.

Setelah mundur dari kesepakatan itu, Washington kini bersiap-siap memberlakukan kembali sanksi terhadap Teheran dalam beberapa hari mendatang, walaupun langkah AS itu ditentang oleh Inggris, Prancis, Cina, Rusia dan Jerman, yang juga menandatangani kesepakatan nuklir tahun 2015 dengan Iran.

Iran menegaskan program nuklirnya sepenuhnya damai dan kepatuhannya memenuhi tuntutan yang tercantum dalam kesepakatan nuklir telah diverifikasi oleh Badan Tenaga Atom Internasional ((IAEA). IAEA menyatakan Iran memegang komitmennya.

Di samping masalah nuklir, AS sangat mencurigai aktivitas Iran di Timur Tengah. AS sendiri merupakan sekutu dari Israel dan Arab Saudi, dua musuh Iran.

Induk perdamaian, induk perang

Pekan lalu Presiden Trump meluapkan kemarahan kepada Presiden Rouhani yang sebelumnya memperingatkan akan adanya dampak dari konflik dengan negaranya. Kepada para diplomat Iran, Rouhani mengatakan, "Amerika seharusnya tahu bahwa perdamaian dengan Iran adalah induk dari segala perdamaian, dan perang dengan Iran adalah induk dari segala perang."

Trump membalas peringatan itu lewat Twitter dengan huruf besar bahwa Iran "akan mengalami akibat-akibat sebagaimana hanya dialami oleh segelintir negara sepanjang sejarah" jika Iran mengancam AS.

Hal-hal apa saja yang dipersengketakan?

- Secara konsisten Trump menentang kesepakatan nuklir 2015 yang disetujui oleh pendahulunya Presiden Obama. Berdasarkan kesepakatan itu Amerika Serikat mencairkan aset-aset Iran senilai miliaran dolar sebagai imbalan atas pembatasan program nuklir.

- Pemerintah AS di bawah Presiden Trump menganggap Iran sebagai kekuatan yang mengganggu di Timur Tengah, dengan alasan bahwa kesepakatan nuklir itu membuat Iran mampu menempuh kebijakan regional yang lebih tegas. Iran telah mengirim ratusan personel tentara dan ribuan relawan milisi ke Suriah, dan memperkuat kehadiran militer di negara itu.

- Negara-negara Teluk menuduh Iran memberikan dukungan kepada kelompok pemberontak Houthi di Yaman dalam bentuk uang dan senjata, tetapi Iran menepis keras tuduhan itu. Arab Saudi, sekutu dekat AS, merupakan musuh besar Iran dan telah berkali-kali memperingatkan tentang bahaya dari niat Iran.

Iran tercatat sebagai salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia. Perekonomian negara itu sudah mengalami tekanan, sementara warga yang tidak puas telah pula menggelar protes karena adanya kenaikan harga-harga kebutuhan dan turunnya nilai mata uang rial. (**H)


Sumber: Okezone


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid