MENU TUTUP

Israel Klaim Wakil 33 Negara akan Hadiri Peresmian Kedubes AS di Yerusalem

Senin, 14 Mei 2018 | 06:24:37 WIB | Di Baca : 1251 Kali
Israel Klaim Wakil 33 Negara akan Hadiri Peresmian Kedubes AS di Yerusalem

SeRiau - Sebanyak 33 negara diklaim Israel bakal turut hadir dalam peresmian kantor kedutaan besar Amerika Serikat di Yerusalem, Senin (14/5/2018).

Perwakilan ke-33 negara tersebut akan terdiri dari duta besar maupun diplomat kedutaan yang berwenang.

Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan telah mengundang 86 perwakilan asing ke acara peresmian.

Melansir dari Times of Israel, beberapa negara yang disebut bakal mengirimkan perwakilannya di antaranya adalah 12 utusan negara Afrika, yakni Angola, Kamerun, Republik Demokratik Kongo, Republik Kongo, Pantai Gading, Etiopia, Kenya, Nigeria, Rwanda, Sudan Selatan, Zambia dan Tanzania.

Juga akan hadir duta besar dari tujuh negara Amerika Latin, yakni Paraguay, Guatemala, Republik Dominika, El Savador, Honduras, Peru dan Panama.

Seperti diketahui, Paraguay dan Guatemala adalah dua negara yang mengumumkan bakal mengikuti langkah AS dalam memindahkan kantor kedutaan mereka ke Yerusalem dalam waktu dekat.

Austria akan menjadi satu-satunya wakil negara Eropa Barat yang telah mendaftarkan duta besarnya untuk hadir dalam acara peresmian.

Selain itu juga ada wakil Asia, yakni Myanmar, Filipina, Thailand dan Vietnam.

Sementara AS, hanya mengutus delegasi tingkat tingginya yang terdiri dari Duta Besar David Friedman, Wakil Menteri John J Sullivan, Menteri Keuangan Steven Mnuchin, Penasihat Senior Jared Kushner, Penasihat Presiden Ivanka Trump, serta Utusan Khusus Negosiasi Internasional, Jason Greenblatt.

Presiden AS Donald Trump sebelumnya telah mengumumkan tidak akan hadir, namun menyebut akan mengikuti acara peresmian via telekonferensi.

"Pemindahan kedutaan besar kami bukan menjadi bagian untuk menfasilitasi kesepakatan perdamaian, melainkan merupakan kondisi yang memang diperlukan."

"Kami tidak mengambil posisi pada masalah status akhir, termasuk batas-batas spesifik kedaulatan Israel di Yerusalem maupun resolusi perbatasan yang diperebutkan," tulis pernyataan Departemen Luar Negeri AS, Sabtu (12/5/2018).

Boikot

Namun diumumkan Israel, sejumlah negara telah menolak undangan yang mereka kirim. Negara yang menolak mengirim perwakilannya di antaranya Ceko, Hungaria dan Romania.

Sejumlah negara sekutu Israel juga mengumumkan memboikot peresmian yakni China, Rusia, Argentina dan India. Juga Kanada, Australia dan Jerman yang memastikan bakal absen.

Dari tuan rumah, dipastikan bakal hadir dalam acara peresmian yakni Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Presiden Reuven Rivlin. Selain juga sejumlah petinggi pemerintahan Israel.

Kantor kedutaan besar AS di Yerusalem akan resmi dibuka di kawasan Arnona, menempati gedung yang sebelumnya merupakan kantor konsulat AS. (**H)


Sumber: KOMPAS.com


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Kurikulum Merdeka Ditanah Air, Memerdekakan Pendidikan Ditanah Melayu

2

Buka Tutup. Gelper di Dumai Jadi Lahan Mencari Uang Setoran

3

Seorang Warga Dumai Kecewa Terhadap Lurah Bangsal Aceh Terkait Penolakan Peningkatan Surat Tanah

4

Hari Susu Sedunia, Apical Dumai Bagikan 3453 Susu untuk Tingkatkan Gizi Anak Sekolah

5

Kepala BPMP Riau Harapkan PPDB SMA dan SMK Harus Berkeadilan dan Merata