MENU TUTUP

Di Depan Ulama 3 Negara, Jokowi Kecam Sikap AS soal Yerusalem

Jumat, 11 Mei 2018 | 21:48:20 WIB | Di Baca : 1166 Kali
Di Depan Ulama 3 Negara, Jokowi Kecam Sikap AS soal Yerusalem

SeRiau - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecam rencana pemindahan kedutaan besar Amerika Serikat dari Tel Aviv ke Yerusalem. Hal ini disampaikan di depan ulama Afghanistan, Indonesia, dan Pakistan.

"Pertemuan trilateral ulama ini kita lakukan di tengah keprihatinan dunia, khususnya dunia Islam, terkait dengan rencana pemindahan kedutaan besar Amerika Serikat ke Yerusalem. Indonesia mengecam keras keputusan ini. Keputusan pemindahan ini melanggar berbagai resolusi Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB," ujar Jokowi dalam keterangan dari Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Jumat (11/5/2018).

Jokowi pun sudah meminta negara lain supaya tidak mengikuti sikap politik AS tersebut. Sebab, langkah tersebut dinilai mengancam proses perdamaian antara Palestina dan Israel.

"Pemindahan ini mengganggu proses perdamaian dan bahkan mengancam perdamaian itu sendiri. Kita bersama rakyat Indonesia akan terus berjuang bersama rakyat Palestina. Palestina akan selalu ada dalam setiap helaan napas diplomasi Indonesia," kata Jokowi.

Dalam forum ini, Indonesia juga memfasilitasi peran konstruktif dari para ulama untuk menyampaikan pesan perdamaian di Afghanistan. Pertemuan ini mempertemukan setidaknya 19 ulama dari Afghanistan, 17 ulama dari Pakistan, dan 17 ulama dari Indonesia.

"Pertemuan trilateral ini merupakan bagian dari komitmen dan upaya Indonesia untuk mengedepankan peran para ulama. Indonesia sungguh merasa terhormat mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah," tutur Jokowi. (**H)


Sumber: detikNews


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid