MENU TUTUP

Rencana Suriah Datangkan Sistem Pertahanan Rudal S-300 Bikin Kesal Israel

Rabu, 25 April 2018 | 06:53:58 WIB | Di Baca : 1355 Kali
Rencana Suriah Datangkan Sistem Pertahanan Rudal S-300 Bikin Kesal Israel

SeRiau - Menteri Pertahanan Israel, Avigdor Lieberman menyampaikan, pihaknya tidak akan ragu untuk melancarkan serangan ke sistem pertahanan udara S-300 Rusia di Suriah jika dianggap mengancam wilayah kedaulatannya.

Israel sebelumnya telah memperingatkan rencana Rusia yang ingin segera mengirimkan sistem pertahanan udara S-300 ke Suriah, setelah terjadinya kesepakatan antara Moskwa dengan Damaskus pada 2010.

Namun hingga saat ini belum ada tanda-tanda Rusia bakal mengirimkan sistem pertahanan tersebut karena adanya tekanan dari Israel.

Demikian diberitakan Kommersant dikutip AFP. "Yang penting bagi kami adalah bahwa senjata pertahanan yang dikirimkan Rusia tersebut tidak akan digunakan Suriah untuk melawan kami," kata Lieberman kepada situs berita Ynet.

"Dan jika mereka menggunakannya untuk melawan kami maka kami akan bertindak melawan mereka," tambahnya dilansir AFP.

Sementara, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menyampaikan pihaknya belum memutuskan kapan pastinya akan mengirimkan rudal pertahanan udara S-300 tersebut.

Rusia telah mengerahkan rudal S-300 ke sekitar pangkalan Angkatan Laut Tartus milik mereka sendiri di pesisir Mediterania di Suriah, serta rudal S-400 yang lebih canggih ke pangkalan udara Hmeimim di Suriah barat.

Meski demikian hal tersebut tidak mengusik kekhawatiran Israel karena Rusia tidak akan menggunakannya terhadap mereka.

"Kami memiliki komunikasi yang terbuka dan benar-benar telah membahasnya. Selama bertahun-tahun kami terus berkoordinasi dan mampu menghindari gesekan dengan Rusia," kata Lieberman.

Sedangkan dengan Suriah, Israel secara teknis masih berperang menyusul pencaplokan wilayah Dataran Tinggi Golan pada 1967. Meskipun ada gencatan senjata, namun ketegangan masih terus terjadi. (**H)


Sumber: TRIBUNNEWS.COM


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid