MENU TUTUP

Najib Usul Ubah Aturan Pemilu, Ratusan Warga Malaysia Protes

Rabu, 28 Maret 2018 | 22:41:03 WIB | Di Baca : 1165 Kali
Najib Usul Ubah Aturan Pemilu, Ratusan Warga Malaysia Protes

SeRiau - Ratusan warga Malaysia turun ke jalan untuk memprotes usulan Perdana Menteri Najib Razak untuk mengubah aturan pemilihan umum yang membuat partai berkuasa dapat menang dengan mudah.

Para aktivis mengatakan bahwa usulan aturan baru itu dapat memperdalam jurang perbedaan antara konstituen berdasarkan garis ras, yang pada akhirnya menguntungkan koalisi Najib, Barisan Nasional (BN).

Jika aturan ini disahkan, kandidat dari partai berkuasa membutuhkan suara lebih sedikit untuk dapat meraih satu kursi ketimbang rival dari kubu oposisi.


"Ini adalah kecurangan terbesar yang bakal terjadi," ujar mantan ketua gerakan Bersih, Maria Chin, sebagaimana dikutip Reuters, Rabu (28/3).

Namun, di hadapan parlemen, Najib menyatakan bahwa detail aturan ini akan diatur oleh Komisi Pemilihan Umum Malaysia (EC) dan benar-benar terbebas dari intervensi politik.

Usulan ini diajukan di tengah kemerosotan popularitas Najib setelah diguncang isu korupsi penerimaan dana dari lembaga investasi negara 1MDB.

Di tengah isu korupsi tersebut, pihak oposisi menguatkan barisan dengan mengusung mantan perdana menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, sebagai calon pemimpin.

Mahathir sendiri pernah melakukan perubahan aturan pemilu pada 2003, keputusan yang juga disebut-sebut diambil untuk memuluskan jalan koalisi berkuasa memenangkan laga. 

sumber CNN Indonesia


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid