MENU TUTUP

Rangsang Kecerdasan Otak Anak dengan Lagu Bertema Hewan dan Buah

Ahad, 25 Maret 2018 | 08:14:35 WIB | Di Baca : 1375 Kali
Rangsang Kecerdasan Otak Anak dengan Lagu Bertema Hewan dan Buah

SeRiau - Lirik lagu bernuansa hewan dan buah ternyata bisa bantu rangsang otak anak usia dini. Apalagi jika lirik lagu tersebut dijadikan pengiring gerakan motorik dasar untuk anak usia dini.

Saat melatih para peserta "Penataran TOT Tim Penggerak Germas" di Taman Rekreasi Wiladatika, Ciracas, Jakarta Timur, pelatih senam anak Titis Sensussiana menjelaskan pemilihan lirik lagu tersebut.

"Lagu berlirik hewan dan buah itu masuk kategori lagu bernuansa pendidikan karakter. Untuk iringan lagu gerak motorik dasar, kami pilih yang seperti itu. Misal, lagu yang bercerita soal monyet juga rambutan. Lagu bertema sayur-sayuran juga jadi pengiringnya," ujar Titis, Sabtu (24/3/2018)

Lirik lagu yang terdengar ceria akan menarik minat anak usia dini bergerak. Hal ini membuat anak makin senang bergerak.

Ketika guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mengajarkan gerakan motorik dasar, misal melompat, anak sekaligus belajar mengenal nama-nama hewan, buah, dan sayur. Anak usia dini bisa bergerak ikuti irama lagu sambil bernyanyi.

Bantu sosialisasi

Berkat latihan gerak motorik dasar diiringi lagu bertema hewan, buah, dan sayur, anak usia dini akan terbantu bersosialisasi dengan teman-temannya.

"Anak kan harus bergerak. Jadi, saat latihan gerak motorik, ada gerakan misal berdua-dua dengan teman atau saling bergandengan tangan. Gerakan ini bantu anak bersosialisasi. Mereka bisa makin akrab," Titis menjelaskan.

Latihan gerakan pun cukup delapan menit, yang mencakup lima lagu. Waktu yang pendek itu mencegah anak tidak cepat bosan.

"Latihan tiga kali saja, anak sudah bosan. Mereka tidak bisa dipacu seharian bergerak. Yang pasti gerakan motorik dasar ini cocok buat kelompok PAUD 3 sampai 6 tahun," tutupnya. (*JJ)



Sumber: liputan6.com


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

2

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H

3

Wujudkan Momen Manis Silahturahmi Dengan Berkendara #Cari Aman

4

Sambut Mudik 2024, PLN Tambah 5 SPKLU di Riau

5

Dirut PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik, Pastikan 1.299 Unit Se-Indonesia Siaga Layani Pengguna Mobil Listrik