MENU TUTUP

6 Menteri Jokowi yang Hobi Nge-vlog

Rabu, 07 Maret 2018 | 15:12:04 WIB | Di Baca : 1530 Kali
6 Menteri Jokowi yang Hobi Nge-vlog

SeRiau - Gaya milenial Presiden Joko Widodo yang senang membuat video blog (vlog), rupanya diikuti oleh para menteri di Kabinet Kerja. Beberapa menteri turut membuat vlog yang dipublikasikan di Youtube maupun Instagram.

Sebut saja Menteri Keuangan Sri Mulyani hingga Menteri Ketenenagakerjaan Hanif Dhakiri, yang kerap mengunggah aktivitasnya melalui vlog, baik saat bekerja maupun bersantai.

Berikut kumparan (kumparan.com) merangkum 6 menteri Jokowi yang hobi nge-vlog: 

1. Sri Mulyani

Sri Mulyani adalah salah satu menteri yang senang vlogging. Jika dilihat dari akun Youtube Kemenkeu RI, setidaknya ada 13 vlog yang dibuat Menteri Keuangan itu. 

Isi dari vlog mantan Direktur Pelaksana World Bank itu beragam. Mulai dari aktivitas-aktivitas selama menjalani tugasnya sebagai menteri, hingga sesi obrolan khusus bersama penyanyi Maudy Ayunda. 

Ada yang menarik dari vlog Sri Mulyani. Di salah satu vlognya, ia sempat membuat kaget Jokowi saat mengajak Jokowi untuk satu frame bersamanya. Hal itu terjadi saat Sri Mulyani dan beberapa menteri lainnya tengah menunggu kedatangan Jokowi di acara peresmian renovasi stadion GBK, pada Minggu (14/1). 

Saat Jokowi tiba di lokasi, Jokowi langsung menyalami para menteri yang telah menunggunya. Ketika akan disalami Jokowi, tiba-tiba Sri Mulyani langsung mengajak Jokowi untuk satu frame secara spontan. 

"Pak, saya lagi bikin vlog. Bapak Presiden akan hadir meresmikan GBK pada hari ini, yang merupakan stadion milik kita, dibangun dengan uang APBN kita," ucapnya. Jokowi yang melihat tingkah menterinya itu pun hanya tersenyum. 

Vlog Sri Mulyani di Youtube diberi judul #SMIVlog dengan durasi video rata-rata 5-10 menit. Di tiap videonya, vlog Sri Mulyani rata-rata ditonton ribuan penonton. 

2. Eko Putro Sandjojo

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi ini juga menjadi salah satu menteri yang rajin nge-vlog. Vlog Eko ini, dapat ditemukan di akun Youtubenya, Eko Sandjojo. 

Eko mulai rajin nge-vlog sejak Maret 2017. Vlog pertamanya berdurasi sangat singkat, yakni hanya 43 detik. Vlog itu berisi tentang pendapatnya usai diwawancarai oleh TVRI. 

Setiap nge-vlog, Eko selalu menyapa para penontonnya dengan kalimat "masyarakat desa", mengingat ia merupakan menteri yang akrab disapa Mendes atau Menteri Desa. 

Hingga saat ini, vlog yang dibuat Eko berjumlah 8 video. Vlog terakhir Eko, diunggah sekitar tiga bulan yang lalu yakni 17 November 2017. Video itu berisi tentang kunjungan kerjanya di Desa Liliriaja, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan. 

3. Budi Karya Sumadi

Tak ingin ketinggalan dengan menteri lainnya, Menhub Budi Karya Sumadi juga ikut nge-vlog untuk menunjukkan beragam aktivitasnya. Vlog pertamanya, dibuat pada 3 Maret 2017. 

Setiap episode vlog yang dibuat Budi diberi judul #MENHUBVLOG. Jumlah vlog yang dibuat Budi hingga saat ini mencapai 7 vlog, dengan rata-rata durasi dua hingga tiga menit. 

Vlog Budi Karya yang paling banyak ditonton adalah #MENHUBVLOG episode lima. Dalam vlog itu, Budi bersama dengan sejumlah menteri lainnya seperti Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Sumarno, dan Menteri Agrarita dan Tata Ruang Sofyan Djalil sedang berada di dalam satu bus. 

Vlog itu direkam saat mereka selesai meninjau Tol Kualanamu, Tebing Tinggi, Medan, Sumatera Utara, pada 5 April 2017. Obrolan keempatnya yang terlihat asyik menjadi salah satu daya tarik vlog tersebut. 

4. Imam Nahrawi

Sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi juga beberapa kali membagikan aktivitasnya dalam bentuk vlog. Namun, vlog yang dibuatnya tak sebanyak menteri-menteri lain. 

Ada lima vlog yang hingga saat ini dibuat Imam Nahrawi. Beberapa di antaranya berisi tentang aktivitasnya sebagai menteri, sementara sisanya berisi tentang aktivitas pribadinya bersama keluarga. 

Dalam salah satu vlognya, Imam Nahrawi juga memperlihatkan kunjungannya ke kediaman mantan petinju profesional Ellyas Pical yang sedang sakit. Dalam kunjungannya itu ia ditemani oleh Olga Lidya. 

5. Hanif Dhakiri

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri juga tak ingin ketinggalan tren kekinian. Ia sempat mengabadikan kegiatannya saat menjelajah alam di Yogyakarta melalui vlog. Dalam video berdurasi 12 menit itu, Hanif bersama istrinya terlihat asyik bersepeda melintasi bukit-bukit di Desa Kalitengah Lor, Sleman, Yogyakarta. 

Vlog-vlog yang dibuat Hanif memang kebanyakan berisi aktivitasnya saat menjelajah alam. Ia sendiri diketahui memiliki hobi bersepeda di gunung. 

6. Basuki Hadimuljono

Meski usianya tak lagi muda, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga tak ingin ketinggalan untuk ikut membuat vlog. Di tengah aktivitasnya meninjau proses pembangunan di daerah-daerah Indonesia, menteri yang dijuluki 'bapak infrastruktur'itu sesekali ngevlog dan membicarakan hasil kunjungan kerjanya. 

Ada 4 vlog yang sudah diproduksi Basuki. Rata-rata, durasi vlog yang ia buat dua hingga tiga menit. Vlog-vlog yang ia buat, sudah ditonton lebih dari 20 ribu kali.  

(sumber kumparan)

 


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H

5

Wujudkan Momen Manis Silahturahmi Dengan Berkendara #Cari Aman