MENU TUTUP

Studi: Anak Kedua Cenderung Menjadi Sumber Masalah

Selasa, 27 Februari 2018 | 01:43:57 WIB | Di Baca : 1381 Kali
Studi: Anak Kedua Cenderung Menjadi Sumber Masalah

SeRiau - Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa anak kedua lebih cenderung menjadi pembuat masalah. Pernyataan ini selaras dengan klaim kalau anak pertama lebih ambisius dan sukses ketimbang anak yang lahir berikutnya. Namun, benarkah demikian?

Sebuah laporan dari tim peneliti yang dipimpin oleh ekonom MITJoseph Doyle menemukan bahwa anak-anak yang lahir berikutnya, seperti anak kedua, lebih cenderung mendapat masalah di sekolah dan undang-undang ketika mereka dewasa, ketimbang anak-anak yang lahir pertama dari keluarga yang sama. Kesimpulan tersebut berdasarkan studi yang menganalisis tingkat kejahatan, kekerasan, dan kecaman sekolah untuk saudara kandung di Denmark dan Florida.

Para ilmuwan memusatkan perhatian pada anak laki-laki, karena secara statistik, anak laki-laki mendapat lebih banyak masalah daripada anak perempuan, baik di sekolah atau dengan polisi. Dalam keluarga yang memiliki dua atau lebih anak, studi tersebut menemukan bahwa anak laki-laki kedua 20-40 persen lebih mungkin untuk terkena masalah di sekolah ketimbanga nak tertua.

Menurut penulis, hal itu berkaitan dengan bagaimana keterlibatan orang tua. Dengan kata lain, anak-anak yang lahir pertama mendapat perhatian penuh dari orang tua sebelum saudara kedua masuk ke dalam keluarga itu.

"Anak sulung memiliki model peran, yaitu orang dewasa. Dan anak kedua yang lahir kemudian, memiliki model peran sebagai anak yang tak tahu apa-apa," ujar Doyle pada NPR.

Tim peneliti yang melakukan penelitian tersebut termasuk ilmuwan dari universitas di Massachusetts, Chicago, Florida, dan Denmark, serta ekonom dari National Bureau of Economic Research, sebuah organisasi nirlaba swasta.

 

 

 

 

sumber Liputan6.com 

 

 


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H

2

Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau dan Bank BJB Gelar Buka Bersama

3

PLN Siaga Pastikan Keandalan Pasokan Listrik Selama Idul Fitri 1445 H

4

Dukung Mudik Kebangsaan, PT KPI Unit Dumai Turut Melepas Rombongan Pemudik dengan Dua Unit Bus Gratis

5

Rangkaian Ramadan Ceria UMRI Ditutup dengan Buka Puasa Bersama