MENU TUTUP

Kok Bisa Pasangan Langgeng Sampai Kakek Nenek? Ini Penjelasan Sains

Kamis, 15 Februari 2018 | 00:14:42 WIB | Di Baca : 5771 Kali
Kok Bisa Pasangan Langgeng Sampai Kakek Nenek? Ini Penjelasan Sains

SeRiau - Tanpa disadari, kita memiliki perasaan khusus pada orang lain dan selalu ingin mendampinginya.

Ini adalah perasaan normal yang sebenarnya dituntun oleh otak. Ya, otak juga berperan dalam menangani cinta.

Saat kita sedang jatuh cinta, sebenarnya otak sedang dibanjiri oleh bahan kimia yang membuat kita merasa bahagia yang disebut dopamin.

Hal ini dibuktikan oleh Antropolog Biologi, Helen Fisher, yang memindai 100 otak orang saat sedang jatuh cinta.

Ia menemukan, saat manusia sedang jatuh cinta maka ada bagian otak yang melepaskan dopamin, zat kimia yang memicu perasaan bahagia, rasa percaya diri, dan juga motivasi.

"Saya telah lama berpikir bahwa cinta adalah emosi atau serangkaian emosi. Rupanya ini memang dorongan yang berkembang jutaan tahun lalu untuk terus bersama dengan satu orang di waktu yang lama," kata Fisher yang berafiliasi dengan Rutgers University, New Jersey, dilansir dari USA Today.

Ia menjelaskan meski seks berhubungan dengan cinta, namun kedua hal tersebut berbeda.

Ada orang yang jatuh cinta terlebih dahulu kemudian muncul keinginan seksual, ada yang berhubungan seksual kemudian memiliki ikatan emosi, ada pula yang berhubungan seksual tanpa cinta sama sekali.

Ia berkata bahwa saat orang sedang jatuh cinta mereka sebenarnya masih dapat melihat kekurangan dari pasangan, tapi otak mengabaikannya.

Cinta mematikan bagian otak di belakang dahi yang disebut korteks prefontal. Bagian ini terlibat dalam pemikiran kritis dan pengambilan keputusan.

Nah, saat kita berfokus pada orang lain maka akan terjadi aktivasi ekstra dopamin.

Meski demikian, penelitian yang dilakukan oleh seorang psikolog klinis dari Chicago, Mona Fishbane, justru menemukan bahwa gairah cinta hanya dapat bertahan selama satu sampai dua tahun. Hal ini pun disetujui oleh ahli lain.

Lalu bagaimana dengan kakek nenek yang selalu bersama hingga di usia senja mereka?

Fisher mengatakan pada pasangan yang berpuluh tahun terus bersama memiliki pola aktivasi otak yang menarik.

Pemindaian otak menunjukkan bahwa mereka sangat berempati, mampu mengendalikan stres dan emosi, serta mampu mengabaikan hal negatif dan fokus pada hal yang positif.

"Jika Anda juga ingin memiliki hubungan awet hingga berpuluh tahun, Anda memerlukan sikap empati, menonjolkan yang positif, dan bisa mengendalikan stres," kata Fisher.

Sedangkan untuk memicu sistem otak untuk terus jatuh cinta, Fisher menyarankan pasangan untuk melakukan hal baru bersama, seperti pergi ke tempat baru, liburan, dan melakukan aktivitas yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Hal ini dapat memicu melepaskan dopamin dan membantu mempertahankan hubungan yang romantis.

Selain itu, sentuhan fisik juga dapat memicu melepaskan oksitosin yang menyebabkan tumbuhnya ikatan.

"Pertahankan perasaan cinta, pertahankan perasaan tertarik, pertahankan pikiran positif, kendalikan emosi diri sendiri, berempati, dan katakan hal-hal baik kepada pasangan. Itulah yang diminta otak Anda," katanya.

Fishbane yang fokus meneliti hubungan yang langgeng mengungkapkan bahwa ada neurobiologi berbeda di sistem otak pasangan yang langgeng sampai tua.

Saat salah satu pasangan sedang memberikan kritik keras yang dapat memicu respon fight or flight, yakni reaksi fisiologis maupun psikologis apabila seseorang menghadapi bahaya yang mengancam dirinya, maka hormon stres membanjiri Amigdala (bagian otak yang berperan melakukan pengolahan terhadap reaksi emosi seperti rasa takut, red).

"Bila hal seperti itu terjadi pada pasangan, mungkin setelah itu akan muncul rasa canggung karena tidak tahu apa yang diinginkan dan tidak tahu bagaimana kembali membuat senang pasangannya. Maka strategi yang dilakukan adalah menarik diri atau mundur dari hubungan," kata Fishbane.

"Saat amigdala diaktifkan, maka akan mematikan daerah otak yang dapat merenung dan bijaksana. Sehingga akan jauh lebih mudah tersulut emosi daripada menenangkan diri," sambungnya.

Dari hal tersebut, Fishbane berkata kunci untuk mempertahankan hubungan agar langgeng adalah menonaktifkan emosi tersebut. Dibanding mengkritik pasangan, dia menyarankan lebih baik menanyakan apa yang salah dan berkata jujur kepada pasangan.

"Begitu mereka memecahkan masalah yang membuat stres tinggi, pasangan bisa kembali menjadi penyayang dan berempati lagi," kata Fishbane.

 

 

 

sumber Kompas.com


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid