Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pekanbaru Hadiri Panen Cabe Dan Sayuran di Marpoyan Damai 

  • Rabu, 01 Februari 2023 - 06:42:30 WIB | Di Baca : 2536 Kali
Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pekanbaru Melakukan Panen Cabe Di Marpoyan Damai

 

Seriau -  Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pekanbaru Raja Rilla Mustafa di dampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan  Ir.Hj. El Syabrina MP dan jajaran  melakukan panen sayuran dan cabai di Kelurahan Perhentian Marpoyan, Kecamatan Marpoyan Damai, Selasa (31/1/2023).

Panen sayuran dan cabai dilakukan di areal pertanian yang dikelola oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Berkah Berseri binaan Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru.
Ada beberapa jenis sayuran yang dipanen oleh istri dari Pj Wali Kota Pekanbaru tersebut, di antaranya sayuran kangkung, kacang panjang, terung, cabai rawit.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pekanbaru mengatakan "Wah, kalau setiap RT dan RW punya KWT seperti ini, tentu tak payah membeli sayuran dan cabai,''ungkap Raja Rilla.

Dia pun mengajak seluruh kaum ibu untuk peduli dengan memanfaatkan lahan kosong yang tersedia untuk bertanam sayuran, buah dan cabai.
''Kalau sekarang sudah ada 160 kelompok tani dan KWT di Pekanbaru, dita harapkan ke depan, akan ada lebih banyak lagi KWT ini, sehingga, kebutuhan untuk rumah tangga seperti cabai, sayuran, buah tak perlu lagi harus membeli,'' harap wanita yang juga suka bercocok tanam sayuran dan buah itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru, Ir.Hj. El Syabrina MP mengungkapkan kalau KWT Berkah Berseri di Perhentian Marpoyan ini adalah salah satu KWT yang aktif.

" Semenjak awal berdiri, lebih kurang 1 tahun, KWT yang beranggotakan 30 orang ibu-ibu rumah tangga ini terus aktif. Bahkan, saat ini, tidak hanya mensuplai sayuran dan buah untuk keperluan anggota, mereka juga sudah memasarkan hasil pertanian ke kedai-kedai di sekitar tempat tinggal mereka" tegas Elsyabrina

Dilanjutkannya  Kondisi ini tentu saja sangat membantu kemandirian KWT Berkah Berseri dalam melakukan penanaman ulang terhadap lahan pertanian yang telah dipanen.
''Panen ini bukan perdana, tapi sudah beberapa kali dalam setahun terakhir. Seperti sayuran kan daur tanamnya singkat, jadi sudah beberapa kali,''ungkap wanita yang juga pakar pertanian Kota Pekanbaru ini.

Proses panen cabai rawit.
Disketapang, sebut El Syabrina, senantiasa mendukung upaya kemandirian masyarakat dalam sektor pangan khususnya dengan keberadaan kelompok tani maupun kelompok wanita tani ini.

Selain mendukung untuk bantuan bibit tanaman, Disketapang juga membantu untuk pemeliharaan dengan membuatkan rumah pemeliharaan dan pengembangan bibit.

Dia pun berharap KWT Berkah Berseri akan terus aktif dalam upaya membangun kemandirian pangan masyarakat, khususnya lewat sektor pertanian.

Di ungkapkan Elsyabrina Bahwa ini merupakan inovasi dan  optimalisasi pemanfaatan pekarangan rumah tangga untuk peningkatan pendapatan  keluarga sehingga membantu  untuk mengurangi pengeluaran rumah tangga dalam hal memenuhi kebutuhan pangan keluarga..

Ikut hadir pada kesempatan panen tersebut Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Tengku Reza Fahlevi, jajaran kabid, pemerintah kecamatan, lurah, RT dan RW juga Bhabinkamtibmas serta tenaga penyuluh pertanian dari Dinas Pertanian Kota Pekanbaru.

Ketua KWT Safrina mengatakan bahwa apa yang mereka panen hari ini tidak lepas dari peran Dinas Ketahanan Pangan yang di Pimpin Bu Elsyabrina dan jajaran " kami Ucapkan terima kasih kepada ibu Pj Walikota Selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pekanbaru yang berkenan Melakukan Panen di KWT Kami ini semoga ini menjadi Motivasi dan membuat ibu ibu KWT yang ada di Kota Pekanbaru ini untuk berperan Aktif dalam menjalan fungsi dan tugasnya sebagai ibu rumah tangga dan bisa membantu suami dalam memenuhi kebutuhan keluarga sehari hari" ujarnya

Dilanjutkan nya tidak lupa juga kami ucapkan ribuan terima kasih kepada Bu kadis Ketapang Bu Elsyabrina dan jajaran nya atas bantuan dan arahannya" terima kasih Bu Elsyabrina dan jajaran nya yang sudah membimbing KWT ini sehingga kita bisa melakukan panen pada hari ini " ungkapnya.(***)





Berita Terkait

Tulis Komentar