Kerjasama dengan Cambridge University, MAN 1 Pekanbaru Buka Kelas Internasional Cambridge

  • Selasa, 20 September 2022 - 11:45:39 WIB | Di Baca : 1188 Kali

 

Seriau,- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pekanbaru membuka program kelas internasional Cambridge. Launching kelas internasional MAN 1 Pekanbaru ini, langsung dilakukan Kepala Kanwil Kemenag Riau Dr.H Mahyudin.MA Kamis (15/9) kemarin.

" Alhamdulillah, program kelas internasional cambridge MAN 1 Pakanbaru ini langsung direspon positif oleh Kepala Kanwil Kemenag Riau Dr.H. Mahyudin.MA. Dukungan ini menjadi motivasi bagi sekolah untuk menjalankan program kelas internasional ini," kata Kepala MAN 1 Pekanbaru Norerlinda. MPd didampingi Kamizar selalu Koordinator Kelas Internasional Cambridge, Senin (19/9) di Pekanbaru.

Norerlinda mengatakan program kelas internasional akan mengadopsi kurikulum Cambridge tapi belum secara penuh. Tahap awal ini, masih mengunakan buku dan materi cambridge. Program kelas internasional ini satu satunya di MAN yang ada di Riau bahkan di Indonesia yang membuka kelas internasional cambridge. Awal Oktober ini, kelas internasional sudah berjalan.

Siswa yang ikut program kelas internasional Cambridge ini, sudah di data dan diseleksi. Mereka merupakan siswa kelas X yang menguasai bahasa inggis." Kelas internasional khusus bidang sains (IPA) diperuntukan bagi siswa kelas X. Kita buka hanya satu kelas dan Oktober ini sudah berjalan," kata Norerlinda.

Dalam penerapan kelas internasional, kata Norerlinda, MAN 1 Pekanbaru belum sepenuhnya mengunakan Kurikulum Cambridge tetapi hanya buku dan materi cambridge. Sebab, jika mengunakan Kurikulum Cambridge secara penuh harus ada beberapa hal yang perlukan dilakukan oleh sekolah.

Program kelas internasional diharapkan banyak siswa MAN 1 Pekanbaru bisa diterima di perguruan tinggi di Eropa." Kalau kelas internasional agama, MAN 1 Pekanbaru sudah bekerja sama dengan universitas di Timur Tengah, Mesir dan Yordania. Namun untuk di Eropa, kita baru akan melakukan kerja sama salah satunya dengan Cambridge University," terang Norerlinda.

Menyangkut dengan guru yang mengajar kelas internasional Cambridge, Norerlinda sudah menyiapkan guru yang tentunya menguasai bahasa inggris. Guru ini di beri pelatihan, apa yang menjadi standar kurikulum cambridge. Karena buku dan materi tentunya mengunakan buku berbahasa inggris (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar