4 Hal yang Harus Segera Dikerjakan Pj Walikota Pekanbaru Muflihun

  • Senin, 23 Mei 2022 - 15:29:00 WIB | Di Baca : 973 Kali

 

SeRiau- Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri SE berharap Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru yang telah resmi dilantik oleh Gubernur Riau memiliki komitmen dan mampu menyelesaikan tugas dan permasalahan yang ada di Kota Pekanbaru.

"Kami atas nama DPRD mengucapkan selamat atas pelantikan Muflihun sebagai Pj Walikota Pekanbaru. Dengan ada penjabat baru ini, tentu saya yakin dan percaya pasti ada cara dan gaya baru untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di Kota Pekanbaru," kata Azwendi, Senin (23/5/2022).

Loading...

Azwendi menyebut, DPRD siap mengawasi dan mengevaluasi kinerja Pj Walikota Pekanbaru sesuai dengan fungsi dan tupoksi DPRD Pekanbaru. Hal ini demi mendukung pembangunan dan meningkatkan pelayanan bagi masyarakat Kota Pekanbaru.

"Kami bersama-sama juga akan mengawal kinerja dan juga mendukung program-program kerja dari Pj Walikota Pekanbaru yang terintergrasi dengan program kerja pemerintah provinsi dan pemerintah pusat," ujarnya.

Azwendi berharap, Muflihun sebagai Pj Walikota Pekanbaru dapat menyelesaikan berbagai permasalahan yang bersifat substansial dan urgent di Ibukota Provinsi Riau ini. Diantaranya, masalah banjir yang hingga kini belum teratasi oleh Pemko Pekanbaru.

"Penanggulangan mari kita bersama sama menyusun dan menatanya supaya genangan-genangan air di kota Pekanbaru akibat hujan deras itu bisa diminimalisir dan teratasi dengan cepat," harapnya.

Kedua, Azwendi berpesan kepada Pj Walikota agar bisa fokus menangani permasalahan sampah yang sampai sejauh ini belum teratasi dan masih dikeluhkan oleh masyarakat. Terutama, tumpukan sampah yang berada dipinggir ruas jalan dan titik-titik sampah lainnya.

"Setiap tahun, masalah sampah ini terus terjadi. Harus ada solusi, bukan hanya soal pengangkutan sampah, tapi juga harus ada solusi bagaimana menyelesaikan masalah tumpukan sampah ini bisa cepat teratasi. Minimal, titik-titik tumpukan sampah bisa berkurang," ucapnya.

"Seandainya, sampah masyarakat bisa dikelola dan bisa menjadi sumber PAD, maka itu akan menjadi peluang dan program utama yang bisa digesa," sambungnya.

Ketiga, berkaitan dengan infrastruktur. Baik itu persoalan jalan rusak hingga saluran drainase yang tidak berfungsi dengan baik. Azwendi berharap, Pj Walikota bisa memprioritaskan jalan-jalan yang mengalami kerusakan hingga saluran drainase yang tidak berfungsi dengan baik tersebut.

"Jalan-jalan yang rusak dan berlubang, saluran drainase yang tidak berfungsi dan tidak terpelihara itu, kami minta untuk dilakukan pemeliharaan secara marathon. Dan kalau masih ada jalan-jalan lingkungan yang belum tersentuh oleh APBD, nanti kita akan sampaikan kepada Pj Walikota supaya itu bisa direaliasikan," jelasnya.

Terakhir, Politisi Demokrat ini berpesan kepada Pj Walikota Pekanbaru yang telah dilantik agar bisa membenahi sekaligus
menyelesaikan program-program yang ada di DPRD Pekanbaru.

Hal ini mengingat, realisasi dari hasil kegiatan reses dan pokok-pokok pikiran (pokir) anggota DPRD Pekanbaru sangat minim dan belum sepenuhnya terselesaikan oleh masa kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota sebelumnya Firdaus-Ayat.

"Dengan adanya Pj Walikota ini, saya yakin dan percaya program-program yang ada di DPRD Pekanbaru bisa terselesaikan. Bagaimanapun, tidak semata-mata juga hasil musrenbang itu tersampaikan secara detail, akan tetapi hasil reses dan pokok pikiran anggota dewan itu bisa juga diberikan solusi dan terselesaikan dengan waktu yang cepat," tutup Azwendi.

Untuk diketahui, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar resmi melantik dua Penjabat (Pj) Kepala Daerah di Riau, bertempat di Balai Pauh Janggi, Komplek Gedung Daerah Riau, Senin (23/5/2022) pagi.

Dua Pj tersebut yakni Muflihun sebagai Pj Walikota Pekanbaru dan Kamsol sebagai Pj Bupati Kampar. (***)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar