Masyarakat di Berbagai Kecamatan Tolak Ginda Jadi PLT Ketua DPRD Pekanbaru

  • Jumat, 05 November 2021 - 18:32:26 WIB | Di Baca : 9111 Kali

 

SeRiau-  Kontroversi penunjukan Ginda Burnama ST sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPRD Kota Pekanbaru secara lisan terus berlanjut.

Setelah aksi penolakan dari MPC Pemuda Pancasila Kota Pekanbaru dengan memasang papan bunga di depan Gedung DPRD Pekanbaru di Jalan Sudirman, Kamis (4/11/2021) kemarin, hari ini Sabtu (5/11/2021) muncul video penolakan dari warga beberapa kecamatan.

Loading...

Dari video yang beredar, beberapa masyarakat tampak menyampaikan aspirasi mewakili kecamatan mereka masing-masing, bahwa masyarakat menolak Ginda Burnama sebagai Plt Ketua DPRD Kota Pekanbaru, dinilai penunjukkan menantu Walikota Pekanbaru itu sebagai Pimpinan DPRD akan merugikan masyarakat dan kinerja Wakil Rakyat tidak maksimal.

Beberapa warga menyatakan sikap dalam video yang beredar antara lain perwakilan warga Kecamatan Bina Widya, Kecamatan Sail, Kecamatan Rumbai, Kecamatan Senapelan, Kecamatan Marpoyan Damai, dan Pekanbaru Kota, mereka membawa pamflet bertuliskan aspirasi warga, menolak Ginda Burnama menjabat Plt Kedua DPRD Pekanbaru.

"Jangan Ginda, masih banyak yang lebih baik dan lebih pantas," demikian salah satu tulisan dalam pamflet yang dibawa warga dalam menyampaikan aksinya.

"Ginda menantu Fidau, mana bisa mengawasi mertua korup," tulisan lainnya di pamflet tersebut.

"Demi pengawasan yang lebih baik, jangan jadikan bocil Ketua DPRD Pekanbaru," demikian beberapa tulisan pamflet yang ditampilkan masyarakat dalam aksinya.

Seperti disampaikan beberapa masyarakat yang megatakan sebagai perwakilan masyarakat Kecamatan Senapelan, dengan tegas mereka menolak Ginda Burnama sebagai Plt Ketua DPRD Kota Pekanbaru, karena tidak akan mampu menjalankan fungsi pengawasan dengan baik dikarenakan Ginda merupakan menantu dari Walikota Pekanbaru Firdaus MT.

"Tidak akan bisa mengawasi seorang mertua yang menjadi walikota, itulah gunanya mekanisme yang ada harus tepat, sesuai aturan yang berlaku," teriak seorang pria yang menyampaikan aspirasi bersama belasan warga lainnya yang berdiri memegang pamflet.

Sejak dinyatakan Ginda Burnama sebagai Plt Ketua DPRD Pekanbaru yang ditetapkan secara lisan oleh unsur pimpinan DPRD Kota Pekanbaru beberapa waktu lalu, penolakan muncul dari berbagai pihak dan masyarakat luas.

Seperti diketahui, setelah Hamdani dilengserkan dari kursi Ketua DPRD Pekanbaru yang sah sesuai rekomendasi Badan Kehormatan, maka ditunjuklah Ginda Burnama sebagai Plt Ketua secara lisan oleh unsur pimpinan DPRD Pekanbaru.

Ginda Burnama merupakan menantu Walikota Pekanbaru Firdaus MT. Politisi Partai Gerindra itu merupakan Wakil Ketua 1 di DPRD kota Pekanbaru, kemudian Tengku Azwendi Fajri dari Demokrat sebagai Wakil Ketua 2 dan Ir Nofrizal MM dari PAN sebagai Wakil Ketua 3. Meskipun dalam AKD tidak disebutkan urutan Wakil Ketua, namun secara perolehan suara demikianlah urutannya. (***)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar