PT Kliring Berjangka Indonesia Indonesia (Persero) Berikan Edukasi Perdagangan Berjangka Komoditi Kepada Media

  • Sabtu, 06 Februari 2021 - 16:14:09 WIB | Di Baca : 3497 Kali

 

SeRiau - PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) memberikan edukasi terkait Perdagangan Berjangka Komoditi kepada para jurnalis di Pekanbaru, 6 Februari 2021. Kegiatan yang merupakan bagian dari program edukasi kepada masyarakat ini, dilakukan bersama dengan Rifan Financindo Berjangka cabang Pekanbaru dan Bursa Berjangka Jakarta.

Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Fajar Wibhiyadi mengatakan, pihaknya melihat bahwa media merupakan salah satu pemangku kepentingan serta mitra kami dalam memberikan informasi positif kepada masyarakat. "Untuk itu, kegiatan media training seperti ini akan terus kami lakukan kedepan," ujar Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Fajar Wibhiyadi kepada awak media, Sabtu (6/2).

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT Rifan Financindo Berjangka cabang Pekanbaru ini mengundang media-media di Pekanbaru, baik media cetak maupun online.

Selanjutnya Fajar Wibhiyadi menambahkan, dalam hal edukasi  Perdagangan Berjangka Komoditi tentunya memerlukan kontribusi dan peran serta semua pemangku kepentingan. Industri ini memiliki potensi besar untuk berkembang. 

"Namun, harus kita akui bahwa masyarakat belum memahami sepenuhnya tentang industri ini. Adanya kasus masyarakat yang terjebak dalam investasi ilegal yang mengatasnamakan perdagangan berjangka, tentunya sangat memprihatinkan, yang tidak hanya merugikan masyarakat, tapi juga merugikan industri ini secara keseluruhan," ucapnya.

Terkait Perdagangan berjangka komoditi, tahun 2021 diproyeksikan akan tumbuh melebihi pencapaian tahun 2020. Data dari PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) menyebutkan, sepanjang tahun 2020 volume transaksi Kontrak SPA di JFX mencapai 7.767.855,4 lot, sedangkan Kontrak Primer mencapai 1.678.267 Lot. Sedangkan 2019 transaksi Kontrak Sistem Perdagangan Alternatif mencapai 6.501.246,7 Lot dan Kontrak Primer mencapai 1.467.516,0 Lot.

PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) sendiri merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berfungsi sebagai Lembaga Kliring Penjaminan dan Penyelesaian Transaksi di Perdagangan Berjangka Komoditi serta Pasar Fisik Komoditas di Bursa Berjangka Jakarta. (rls)





Berita Terkait

Tulis Komentar