Bangladesh Akan Pindahkan 2 Ribu Lebih Muslim Rohingya ke Pulau Terpencil

  • Kamis, 28 Januari 2021 - 05:30:12 WIB | Di Baca : 2887 Kali

SeRiau - Bangladesh akan memindahkan 2.000-3.000 lebih pengungsi Muslim Rohingya ke pulau terpencil di Teluk Benggala pekan ini, kata seorang perwira angkatan laut pada hari Rabu. Pemindahan ini mendapat kritik dari aktivis hak asasi manusia.

Dilansir dari reuters, Kamis (28/1/2021), Bangladesh telah merelokasi sekitar 3.500 pengungsi dari negara tetangga Myanmar ke pulau Bhasan Char sejak awal Desember dari kamp-kamp perbatasan di mana satu juta orang tinggal di gubuk-gubuk yang bobrok di lereng bukit yang rata.

Bhasan Char muncul dari laut hanya dua dekade lalu dan beberapa jam dengan perahu dari pelabuhan terdekat di Chittagong. Rohingya, kelompok minoritas yang melarikan diri dari kekerasan di Myanmar yang mayoritas beragama Buddha, tidak diizinkan keluar dari pulau itu tanpa izin pemerintah.

"Kemungkinan besar, mereka akan dibawa ke Chittagong besok dan keesokan harinya, mereka akan dikirim ke Bhasan Char dari sana," kata Komodor Angkatan Laut, Abdullah Al Mamun Chowdhury kepada Reuters.

"Terakhir kali, kami memiliki persiapan untuk 700 hingga 1.000 tetapi akhirnya lebih dari 1.800 Rohingya pindah ke sana. Orang yang pindah lebih awal memanggil kerabat dan teman mereka untuk pergi ke sana. Itulah mengapa lebih banyak orang pergi ke sana," lanjutnya.

Bangladesh membenarkan kepindahan ke pulau itu. Dengan alasan pemindahan karena kepadatan yang berlebihan di kamp-kamp di Cox's Bazar dan berpotensi mengarah pada kejahatan.

Ia juga menepis kekhawatiran banjir, pembangunan tanggul sepanjang 2 meter (6,5 kaki) sepanjang 12 km (7,5 mil) untuk melindungi pulau bersama dengan perumahan bagi 100.000 orang, serta fasilitas seperti pusat siklon dan rumah sakit.

"PBB sebelumnya telah berbagi kerangka acuan dengan pemerintah untuk penilaian teknis dan perlindungan untuk mengevaluasi keselamatan dan keberlanjutan kehidupan di Bhasan Char, meskipun kami belum diizinkan untuk melakukan penilaian ini," kata badan pengungsi PBB.

"Kami menekankan bahwa semua pergerakan ke Bhasan Char harus sukarela dan berdasarkan informasi lengkap mengenai kondisi kehidupan di pulau dan hak serta layanan yang dapat diakses oleh para pengungsi di sana," lanjutnya.

Pemerintah mengatakan relokasi itu sukarela tetapi beberapa pengungsi dari kelompok pertama yang pergi ke sana pada awal Desember telah berbicara tentang pemaksaan. (**H)


Sumber: detikNews





Berita Terkait

Tulis Komentar