Dianggarkan Rp 110 T, Bansos Siap Dicairkan Januari Tahun Depan

  • Selasa, 29 Desember 2020 - 20:15:46 WIB | Di Baca : 1721 Kali

SeRiau - Bantuan sosial (Bansos) untuk masyarakat akan disalurkan pemerintah Januari tahun depan. Keputusan ini berdasarkan hasil rapat terbatas (Ratas) yang dipimpin Presiden Joko Widodo.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dalam cuitan akun Twitter pribadinya @airlangga_hrt beberapa saat lalu, Selasa (29/12).

"Hari ini saya mengikuti rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo mengenai ‘Persiapan Penyaluran Bantuan Sosial Tahun 2021’. Presiden menekankan penyaluran Bansos kepada masyarakat dapat segera disalurkan di bulan Januari 2021 mendatang," ujar Airlangga.

Airlangga mengatakan, bansos ini merupakan upaya pemerintah guna memperkuat daya beli masyarakat, konsumsi rumah tangga, sekaligus menjadi daya ungkit untuk memacu pertumbuhan ekonomi.

Pemerintah, kata Airlangga, menganggarkan program perlindungan sosial sebesar Rp 110 triliun pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2021.

"Berupa Program Kartu Sembako kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Program Keluarga Harapan (PKH), Bansos Tunai, Dana Desa, Diskon Listrik dan Program Kartu Pra Kerja," jelas Ketua Umum Partai Golkar itu.

Atas dasar itu, Airlangga berharap bansos dari pemerintah ini dapat digunakan dengan baik oleh masyarakat di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

"Insya Allah, semua program berjalan tepat sasaran dan tepat waktu serta berdampak dalam mendukung pemulihan dan ketahanan ekonomi nasional," demikian Airlangga. (**H)


Sumber: rmol.id





Berita Terkait

Tulis Komentar