Hipmi: Prioritas Vaksin Gratis Untuk Warga Tidak Mampu Dan Harus Tepat Sasaran

  • Jumat, 04 Desember 2020 - 05:48:15 WIB | Di Baca : 1624 Kali

SeRiau - Pemerintah melalui Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan pengadaan kebutuhan vaksin Covid-19 akan dibagi menjadi dua ketegori.

Dua kategori itu adalah vaksin gratis diberikan kepada masyarakat tidak mampu yang dibiayai oleh pemerintah dan vaksin mandiri bagi masyarakat yang mampu.

Dengan membeli vaksin secara mandiri, kata Erick, masyarakat turut berkontribusi membantu pemerintah. Sebab, Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat besar, sehingga proses vaksinasi terhadap masyarakat yang tidak mampu juga banyak.

Wakil Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda (BPP Hipmi) Anggawira, menyambut positif rencana Erik Thohir tersebut.

“Orang-orang yang mampu ya silahkan bisa membeli dan kalau perlu melakukan subsidi, kita bergotong royong lah untuk biar bisa cepat ditangani seperti itu,” kata Anggawira dalam keterangannya, Kamis (3/12).

Menurutnya, perkiraan harga vaksin yang relatif tidak murah, sudah selayaknya untuk memprioritaskan pemberian vaksin gratis kepada warga kurang mampu.

Namun, Anggawira meminta vaksin gratis itu bisa tepat sasaran.

“Vaksin karena memang juga tentunya biaya atau harganya juga relatif tidak murah, juga pastinya yang harus diprioritaskan yang free itu kepada temen-teman tidak mampu, tapi memang harus tepat sasaran jugakan,” ujarnya.

Selain itu, Anggawira juga menyoroti distribusi vaksin agar bisa cepat sampai kepada masyarakat untuk ikut melibatkan dunia usaha dari kalangan swasta yang sudah punya jaringan hingga daerah-daerah terpencil.

Sambungnya, perusahaan-perusahaan swasta yang sudah memiliki jaringan luas itu harus digandeng untuk dimanfaatkan jaringan distribusinya.

“Jadi jaringan distribusi-distribusi itu bisa dimanfaatkan, memanfaatkan networking yang sudah ada, kalau nanti dilelangkan lagi, ditenderkan lagi itu juga waktunya akan lama gitu loh,” pungkasnya. (**H)


Sumber: rmol.id





Berita Terkait

Tulis Komentar