Satgas: Pilih Pemimpin yang Patuh Protokol Kesehatan

  • Kamis, 03 Desember 2020 - 18:36:23 WIB | Di Baca : 887 Kali

SeRiau - Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito berharap masyarakat tetap menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan kepala daerah serentak pada 9 Desember 2020 nanti. Ia berpesan, agar masyarakat memilih calon pemimpin yang mematuhi aturan terkait protokol kesehatan saat berkampanye.

Protokol kesehatan yang dipatuhi oleh calon pemimpin saat kampanye di masa pandemi mencerminkan tanggung jawab yang diembannya nanti. “Ingat, pilkada tahun ini akan menentukan arah ketahanan kesehatan serta pemulihan masing-masing daerah di tengah pandemi. Maka harus ditanggapi dengan serius,” ujar Wiku saat konferensi pers, Kamis (3/12).

Selain itu, Wiku juga berpesan agar masyarakat memilih calon pemimpin yang bertanggung jawab dan memiliki kapasitas serta komitmen, terutama di masa pandemi saat ini. Karena itu, sebelum memberikan hak pilihnya, masyarakat perlu mempelajari terlebih dahulu terkait latar belakang, kompetensi, dan juga komitmen tiap calon kepala daerah.

Loading...

“Masyarakat pemilih harus menyadari pentingnya peran kepala daerah untuk membawa masing-masing daerah bangkit dari Covid-19,” tambah dia.

Wiku menjelaskan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga telah merumuskan aturan protokol kesehatan yang wajib dijalankan oleh penyelenggara pemilu. Seperti melakukan testing kepada petugas TPS, menyediakan sarana kesehatan di antaranya tempat cuci tangan, hand sanitizer di TPS, serta menggunakan masker dan menerapkan jaga jarak, hingga mengatur kedatangan para pemilih untuk menghindari kerumunan.

“Periksa suhu pemilih sebelum masuk ke TPS untuk memastikan pemilih dalam keadaan sehat dan melakukan simulasi dengan pengawasan dari Satgas Covid-19,” kata dia. (**H)


Sumber: REPUBLIKA.CO.ID




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar