Kepulauan Mentawai Diguncang Gempa, Warga Pesisir Diminta Evakuasi Mandiri

  • Senin, 19 Oktober 2020 - 20:10:09 WIB | Di Baca : 1038 Kali

SeRiau - Warga Kabupaten Kepulauan Mentawai merasakan guncangan kuat saat dilanda gempa dengan magnitudo di atas 5.

Berdasarkan laporan warga kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Mentawai, guncangan dirasakan kuat saat gempa terjadi.

"Informasi dari warga Desa Sinaka dan Malakopak di Kecamatan Pagai Selatan serta Desa Taikako di Kecamatan Sikakap, gempa dirasakan kuat namun situasi kondusif," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Dr. Raditya Jati dalam keterangan tertulisnya, Senin (19/10).

Loading...

Hingga saat ini, tidak ada laporan kerusakan maupun korban jiwa akibat gempa yang terjadi pada Senin sore pukul 14.31 WIB. BPBD setempat pun segera berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan desa untuk mendapatkan informasi terkini pascagempa.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat yang berada di bibir pantau untuk menjauhinya dan melakukan evakuasi mandiri ke tempat aman.

Sedangkan di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, masyarakat merasakan guncangan kuat 3 hingga 4 detik. Masyarakat di sana sempat panik dan keluar rumah.

BMKG merilis informasi dua gempa tektonik dengan magnitudo di atas M 5,0 yang terjadi berselang 16 menit di wilayah Pagai Selatan, Kepulauan Mentawai. Gempa kedua terjadi pada 14.47 WIB dengan kekuatan M 5,7.

"Episenter berlokasi di laut pada jarak sekitar 33 km arah barat daya Pulau Pagai Selatan, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pada kedalaman 13 km dan 17 km," tandasnya. (**H)


Sumber: rmol.id




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar