Kardinal Vatikan Angelo Becciu Undurkan Diri Secara Mendadak

  • Jumat, 25 September 2020 - 05:42:06 WIB | Di Baca : 1991 Kali

SeRiau - Salah satu kardinal Vatikan paling berpengaruh, Angelo Becciu dari Italia, tiba-tiba mengundurkan diri dari jabatannya pada hari Kamis. Takhta Suci mengumumkan tanpa penjelasan.

"Bapa Suci menerima pengunduran diri dari kantor Prefek Kongregasi untuk Penyebab Para Kudus dan dari hak-hak yang berhubungan dengan Kardinalat, yang disampaikan oleh Yang Mulia Kardinal Giovanni Angelo Becciu," kata pernyataan resmi, dilansir dari AFP, Jumat (25/9/2020).

Setelah berkarir sebagai utusan Vatikan, Becciu telah bekerja selama enam tahun terakhir sebagai Pengganti Urusan Umum. Perannya mirip sebagai kepala staf yang berarti ia menemui Paus setiap hari dan merupakan salah satu asistennya yang paling terpercaya.

Pria berusia 72 tahun itu diangkat sebagai kardinal pada musim panas 2018 dan juga memiliki tanggung jawab untuk departemen yang mengawasi beatifikasi dan kesucian.

Pengunduran dirinya yang mengejutkan. Dia telah dikaitkan di masa lalu dengan penyelidikan yang sedang berlangsung di Vatikan selama setahun terakhir ke dalam pengembangan properti di wilayah eksklusif Chelsea di London yang dibayar dengan dana dan perusahaan lepas pantai.

Proses investasi dalam skema pembangunan apartemen mewah dimulai pada 2014 ketika Becciu berada di sekretariat Vatikan, birokrasi pusat Tahta Suci.

Kepolisian Vatikan menggerebek kantor sekretariat tahun lalu untuk menyita dokumen keuangan dan komputer, sementara lima anggota staf diskors. (**H)


Sumber: detikNews





Berita Terkait

Tulis Komentar