Jepang Siap Bantu Saudi Kurangi Ketergantungan Ekonomi Pada Minyak

  • Senin, 01 Juli 2019 - 05:57:46 WIB | Di Baca : 1049 Kali

SeRiau - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe memuji upaya Arab Saudi untuk mengurangi ketergantungannya pada minyak. 

Dia berjanji kepada Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, atau akrab disebut MBS, bahwa Jepang akan membantu kerajaan dengan rencana reformasi besar-besaran.

"Visi 2030 Arab Saudi adalah reformasi besar yang belum pernah terjadi sebelumnya yang bertujuan untuk bergeser dari ketergantungan pada minyak dan pada diversifikasi industri, di bawah inisiatif keagungan Anda," kata Abe kepada putra mahkota pada awal pertemuan bilateral setelah pertemuan puncak G20 (Minggu, 30/6).

"Jepang akan melanjutkan upaya maksimalnya oleh pemerintah dan sektor swasta untuk membantu mencapai keberhasilannya," sambung Abe seperti dimuat Reuters.

Diketahui bahwa Arab Saudi mengumumkan rencana reformasi dalam "Visi 2030" pada tahun 2016 lalu dengan tujuan melakukan diversifikasi ekonomi. Cara mulai dari merombak Dana Investasi Publik milik negara hingga meningkatkan kunjungan peziarah Muslim dan mendorong lebih banyak orang Saudi untuk bermain olahraga.

MBS menyambut baik pernyataan Abe.

"Saudi ingin melakukan yang terbaik untuk melanjutkan kemitraan lama tapi baru, kuat kami dengan Jepang," kata MBS kepada Abe melalui seorang penerjemah. (**H)


Sumber: rmol.id





Berita Terkait

Tulis Komentar