Selangkah Lagi Dapat Piala Adipura

Bupati Presentasi Kebersihan di Kementerian LH

  • Jumat, 09 Juni 2017 - 12:36:45 WIB | Di Baca : 1046 Kali

KARIMUN, SeRiau - Bupati Karimun Aunur Rafiq melakukan presentasi di Gedung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dirjen Pengelolaan Sampah dan B3 di Jakarta, Kamis (8/6). Presentasi itu berkaitan dengan Kabupaten Karimun masuk dalam nominasi penerima penghargaan piala adipura tahun 2017.


Dalam presentasi itu, Rafiq menjelaskan mengenai kondisi Karimun secara umum dan kegiatan kebersihan yang telah dilakukan serta fasilitas yang menunjang untuk menjaga kebersihan lingkungan.


"Volume sampah di Pulau Karimun saja per hari mencapai 58 ton. Sebelum sampai di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), sampah-sampah ini dicacah terlebih dahulu dipilah-pilah, mana sampah organik atau yang masih bisa dimanfaatkan, sampah yang bisa didaur ulang dan jenis sampah yang bisa jadi pupuk kompos, setelahnya kalau sudah tidak bisa diolah baru dibuang di TPA, dengan sistim sanitarilandfil," kata Rafiq.

Loading...


Dalam presentasi itu, Rafiq tidak sendiri, ada beberapa bupati dan walikota dari daerah lain yang diundang untuk melakukan presentasi secara bergantian sesuai jadwal. Presentasi itu pun sebagai tahap awal atau gambaran awal apakah dipastikan dapat penghargaan piala adipura ataukah tidak. Beberapa daerah yang dimaksud antara lain Kota Padang, Kota Jayapura, Kabupaten Tapin, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Bangka Selatan (Tobali), Kabupaten Magetan dan banyak lagi.


Selesai presentasi, Rafiq pun mengikuti sesi wawancara dengan dewan pertimbangan adipura, ahli persampahan dan ahli pemasaran.


Usai proses atau dua tahapan itu, Kabupaten Karimun tinggal menunggu undangan dari Kementerian untuk menerima penghargaan. Jika undangan tersebut sampai di Karimun maka dipastikan tahun ini untuk kali kedua Kabupaten Karimun menerima piala adipura, namun jika tidak ada undangan yang sampai, maka presentasi yang disampaikan Rafiq bisa jadi dikatakan gagal.(*)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar