Libur, Pemkab Tetap Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

  • Kamis, 01 Juni 2017 - 10:07:38 WIB | Di Baca : 1451 Kali


KARIMUN, SeRiau - Meski suasana merupakan hari libur nasional dalam memperingati hari lahir pancasila, namun para pegawai di Kabupaten Karimun tetap berdatangan di komplek perkantoran di Pemkab Karimun. Kehadiran mereka untuk mengikuti upacara hari lahir pancasila di halaman Kantor Bupati, Kamis (1/6).

Kepada wartawan Rafiq mengatakan, seluruh pegawai wajib hadir dalam upacara memperingatai hari lahir pancasila di halaman Kantor Bupati. Akan digabung dengan peserta upacara yang lain seperti dari perwakilan dari TN dan Polri, perwakilan dari seluruh pegawai dan honorer di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Karimun.

"Bagi pegawai dan honorer yang tidak datang pada hari ini kita tidak akan berikan sangsi apapun. Karena kan peserta apel merupakan perwakilan dari setiap instansi, sedangkan pejabat tetap harus diikuti oleh seluruhnya," kata Rafiq.

Dia juga berpesan kepada seluruh lapisan masyarkat agar dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan di negera tercinta ini. Jadikanlah kebhinnekaan tunggal ika kita ini sebagai kekuatan, bukan sebagai ancaman.

"Setiap dari kita wajib menjaga negeri tercinta ini dengan tidak membuat perpecahbelahan antar sesama kita, karena pancasila adalah harga mati," katanya.

Rafiq pun menyempatkan diri membacarakan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat bertindak sebagai inspektur upacara. Ia mengatakan dalam upacara peringatan hari lahir pancasila merupakan komitmen bersama agar lebih memahami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai leluhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Menurutnya, perlu ditekankan beberapa hal dalam pelaksanaan upacara peringatan hari lahir pancasila, yakni pada tanggal 1 Juni merupakan hari kelahiran pancasila dan 1 Juni merupakan hari libur nasional. Meski hari libur, namun pada tanggal 1 Juni harus tetap dilaksanakan upacara dalam rangka memperingati hari lahir pancasila. Ini harus diselenggarakan oleh seluruh pemerintah dan instansi-instansi di egara Republik Indonesia.

Turut hadir dalam upacara tersebut Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, para kepala FKPD Karimun, dan peserta upacara dari TNI, Polri, SAR, Satpol PP dan pegawai serta honorer di lingkungan pemerintah Kabupaten Karimun.(*)





Berita Terkait

Tulis Komentar