Lantik Kepala SMA Serirama Vokasi YLPI dan SMA YLPI Riau, Prof Nurman Minta Tingkatkan Kualitas Mutu Sekolah


 

Seriau,- Dilantiknya dua kepala sekolah dibawah Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau, hendaknya bisa mengangkat kembali kualitas mutu pendidikan sekolah. SMA Serirama YLPI Riau yang dulu pernah menjadi sekolah terbaik di Pekanbaru, dapat menjadi pilihan orangtua untuk menyekolahnya anaknya di SMA Serirama Vokasi YLPI Riau

" Dibulan puasa dan hari baik ini, saya harapkan kepala sekolah baik itu Pak Suhardi dan Mudrikan bisa meningkatkan kualitas mutu sekolah sehingga sekolah ini jadi pilihan bagi orangtua untuk menyekolah anaknya di SMA Serirama Vokasi dan SMA YLPI Riau," kata Ketua Umum YLPI Riau, Prof Nurman.MSi saat melantik kepala SMA Serirama Vokasi  YLPI dan SMA YLPI Riau, Jumat (31/3) di SMPI YLPI Riau

Apalagi SMA Serirama Vokasi, kata Nurman, merupakan satu satunya sekolah SMA Vokasi yang ada di Sumatera. Dengan status sekolah umum yang mempunyai program keahlian seperti RPL, Kuliner dan Boga serta Bisnis Daring dan Pemasaran bisa menjadi daya tarik sekolah." Kita rancang sekolah umum tapi punya program keahlian sama  dengan SMK. Ini merupakan satu satunya di Sumatera yang mengkombinasikan SMA dengan ilmu SMK," kata Nurman.

Tahun ajaran baru ini, Nurman menargetkan SMA Serirama Vokasi bisa merekrut 110 siswa baru. Targer ini memang berat dengan persaingan antar sekolah." Namun dengan sarana prasarana yang kita miliki, tenaga guru yang berkualitas, saya yakin SMA Serirama Vokasi dan dan SMA YLPI Riau bisa menjadi sekolah terbaik di Pekanbaru," ujar Nurman

Nurman pun berpesan kepada kepala sekolah dan guru agar terus meningkatkan kualitas ilmunya dan selalu memberi pelayan yang terbaik kepada orangtua, buat terobosan dan selalu berinovasi dan kreatif. Selain itu, sekolah dengan jurusan yang  dimiliki juga bisa memberikan keterampilan bagi anak putus sekolah. Setelah diberikan keterampilan mereka bisa menerima ijazah." Program ini bisa jadi terobosan bagi SMA Serirama Vokasi," kata Nurman.

Sementara itu, Ketua I Bidang Pendidikan YLPI Riau Dr.Dewi Fortuna, MSi, mengatakan sebelum dilantik terlebih dahulu dilakukan seleksi administrasi, psikotes dan tes wawancara sesuai dengan aturan yang berlaku di YLPI Riau. Materi tes mengenai keislaman, akademik, manejerial dan enterprenuar.

Semua tes ini harus dilalui oleh calon kepala sekolah. Hanya saja, untuk mengisi kekosangan Kepala SMA Serirama Vokasi, yayasan mem-Plt- kan jabatan Kepala SMA Serirama Vokasi kepada Pak Suhardi sejak 2 februari lalu." Yayasan melihat selama dua bulan menjabat Plt, kinerja Pak Suhardi sangat memuaskan dan tidak ada salahnya langsung mengangkat Pak Suhardi menjadi Kepala SMA Serirama Vokasi definitif. Sebelumnya beliau Kepala SMA YLPI Riau. Kebijakan pengangkatan ini sudah melalui rapat bersama dengan pengurus YLPI Riau," kata Dewi.

Dengan telah dilantiknya dua kepala sekolah, Dewi berharap bisa menjalankan tugas dan amanah yang diberikan. Konsolidasi dan sinergitas kedalam dan keluar sangat penting. Mengingat, kepala sekolah tidak bisa menjalan tugas jika tidak didukung oleh wakil dan guru. Begitu juga ke luar, kepala sekolah bisa menjalin kerjasama dengan pihak industri, SMK dan instansi terkait agar SMA Serirama dan SMA YLPI Riau bisa menjadi sekolah terbaik di Pekanbaru.

Mengenai target siswa baru, sekolah sudah melakukan berbagai usaha seperti promosi di media sosial, penyebaran spanduk dan brosur ditempat strategis diberbagai kabupaten kota.

Sementara itu, Kepala SMA Serirama Vokasi YLPI Riau Suhardi menambahkan dalam waktu dekat ini dirinya akan mengundang SMP yang ada di Pekanbaru untuk melihat langsung kondisi sekolah baik itu dari segi sarana prasarana dan lainnya sebagainya. Saat mengundang siswa SMP, sekolah juga menampilkan hasil karya siswa baik itu jurusan RPL, Tata Boga dan Kuliner serta Bisnis Daring dan Pemasaran.

Sekolah juga akan melakukan MoU dengan beberapa SMK yang ada di Pekanbaru seperti SMK Labor, resto dan restauran dan berapa perusahaan. Kerjasama dengan dunia industri penting, agar siswa bisa langsung berinteraksi dengan dunia usaha." Jadi apa yang dibutuhkan oleh dunia usaha, ini yang kita siapkan. Apalagi di Pekanbaru satu satunya sekolah SMA yang memiliki program keahlian seperti yang ada di SMK," kata Suhardi

Hadir dalam pelantikan tersebut Ketua Dewan Pembina, Imam Ghazali, Dewan Pengawas, Ketua Harian YLPI Riau, Sekretaris YLPI Riau dan pengurus YLPI Riau serta kepala sekolah dibawah naungan YLPI Riau dan majelis guru (zal)