1.538 Mahasiswa UIR Diwisuda Secara Luring


 

Seriau,- Universitas Islam Riau (UIR) mewisuda sebanyak 1.538 wisudawan dan wisudawati yang berlangsung Rabu 15 Juni 2022. Gelaran wisuda kali ini merupakan kali kedua dilaksanakan secara luar jaringan (luring) pasca pandemi Covid-19 melanda. Acara tersebut dilaksanakan di Venue Gor Volly UIR.

Rektor Universitas Islam Riau Prof Dr H Syafrinaldi S H MCL dalam sambutannya mengatakan, UIR selalu memfokuskan diri pada pencapaian kemampuan kompetensi mahasiswa dan lulusan, ini terbukti dengan masif nya bentuk kerjasama serta berbagai projek kolaboratif dalam dan luar negeri oleh civitas akademika sebagai perwujudan Misi UIR 2041 yaitu “To be World Class University Based on Iman and Taqwa”.

“Menjadi Universitas berkelas dunia tentu butuh berbagai dukungan dan peran bersama untuk mewujudkannya, baru-baru ini UIR berhasil terpantau oleh radar World Class University dengan masuk dalam jajaran 20 besar penilaian oleh WCU Analysis dan semoga dengan pemenuhan berbagai instrumen yang sedang kita lengkapi kelak pada tahun depan UIR sudah bisa masuk dalam jajaran World Class University tersebut,” kata Syafrinaldi

Lebih lanjut, Syafrinaldi optimisme mewujudkan Misi UIR 2041 menjadi universitas islam berkelas dunia perlu dibutuhkan dukungan serta usaha dari dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan alumni. UIR juga mendukung segala bentuk pengembangan pada pencapaian prestasi baik akademis dan non akademis oleh civitas akademika UIR.

Sementara, Ketua YLPI Dr Nurman SSos MSi menyampaikan, dalam bidang pendidikan YLPI ikut bersumbangsih dalam memajukan pendidikan dengan menelurkan insan-insan yang berprestasi dari sekolah serta institusi pendidikan yang diwadahi oleh YLPI dan ucapan selamat kepada wisudawan.

“Kami ucapkan selamat terimakasih kepada para orang tua yang telah menitipkan anaknya pada kami, sehingga anaknya bisa diwisuda pada hari ini dan membanggakan orang tua sekalian. Selamat juga kepada wisudawan sekalian, pergunakan ilmu yang telah ananda terima dari UIR dengan sebaik-baiknya dan pemanfaatannya untuk dipergunakan terjun langsung ke masyarakat,” pesannya.

Hadir juga Kepala LLDIKTI Wilayah X yang diwakili oleh Elly Susanti, SE MM selaku Analis Kepegawaian Ahli Madya pada LLDIKTI Wilayah X yang dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa UIR menjadi salah satu Universitas yang unggul dari segi kuantitas mahasiswa, rasio dosen serta banyaknya guru besar di ruang lingkup LLDIKTI X.

“Ini menjadi angin segar untuk UIR agar segera bisa menjadi salah satu perguruan tinggi yang masuk kedalam standarisasi World Class University,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu juga diberikan reward secara simbolis dari UIR oleh Rektor berupa uang tunai sebesar 1 juta Rupiah kepada 10 pemuncak fakultas dan pascasarjana serta pemberian reward kepada pemuncak tingkat Universitas yaitu Furizal dari Fakultas Teknik program studi Teknik Informatika senilai 2,5 juta Rupiah.

Untuk pemuncak dimasing-masing fakultas adalah Fakultas Hukum Reki Wahyudi IPK 3,94. Fakultas Agama Islam Wirdhatul Jannah IPK 3,95. Fakultas Pertanian Putri Anggun Yulita IPK 3,84. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Ismayanti Ananda Putri 3,85. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Ghannes Priyanka IPK 3,93. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik IPK Dian Venita Sary IPK 3,95. Fakultas Psikologi Aldrilla Febriana Siregar IPK 3,76. Fakultas Ilmu Komunikasi IPK 3,88. Pascasarjana Yola Alfia Masdar IPK 3,99. Pemuncak Fakultas Teknik sekaligus pemuncak Universitas Furizal IPK 3,97.

Meski dilaksanakan secara luring, kegiatan ini juga mematuhi protokol kesehatan, ini dapat dilihat
dari diminimalisir kehadiran tamu serta stakeholder. Untuk mencegah kerumunan UIR menerapkan peraturan untuk para wisudawan/ti tidak ditemani oleh orang tua ataupun pendamping sebagai solusi dari UIR untuk keluarga wisudawan bisa tetap menyaksikan momen bahagia tersebut melalui streaming di channel Youtube Uirofficial.

Langkah lainnya yang dilakukan UIR adalah meniadakan beberapa agenda seremonial saat wisuda. Wisudawan juga tidak akan berlama-lama di dalam ruangan. Karena setelah kucir dipindah, para wisudawan akan langsung diarahkan keluar venue untuk langsung pulang. (zal/rls)