Bentuk Karakter Narapidana, Lapas Narkotika Rumbai Gelar Kegiatan Pramuka


SeRiau - Pramuka merupakan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk menanamkan nilai pendidikan moral, etika, dan pembentukan karakter seorang siswa pramuka. Hal ini melatar belakangi Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Rumbai untuk  mengadakan kegiatan pembinaan Pramuka bagi warga binaan.

Kegiatan Pramuka dilaksanakan di  lapangan Lapas Narkotika Rumbai, Selasa (24/05 2022). Kegiatan ini juga salah satu program pembinaan kepribadian.

Kepala Lapas Narkotika Rumbai Robinson Perangin Angin, melalui Erwin Siregar selaku Kepala Seksi Bimbingan Narapidana Anak Didik dan Kegiatan Kerja mengatakan, kegiatan Pramuka ini akan dilaksanakan rutin tiga kali dalam seminggu.

Menurutnya, latihan Pramuka merupakan salah satu upaya dari Lapas Narkotika Rumbai untuk menanamkan kedisiplinan, wawasan kebangsaan dan cinta tanah air dan bangsa Indonesia kepada para warga binaan.

"latihan pramuka ini rutin digelar tiga kali dalam seminggu dengan anggota sebanyak 45 orang narapidan. Dikarenakan masih menunggu dari ranting pramuka kecamatan Rumbai, maka latihan dilaksanakan secara mandiri," ujar Erwin.

Dikatakannya, materi yang diberikan berupa latihan ketrampilan baris-berbaris, tata upacara, pemberian motivasi, penanaman rasa cinta tanah air dan kebangsaan.

"Kita terus lakukan program pembinaan kepramukaan yang mampu memberikan motivasi atau menanamkan kedisplinan bagi para warga binaan. Dengan harapan agar mereka selama menjalani masa pidana tidak melanggar tata tertib dan kelak setelah selesai menjalani pidana tidak mengulangi perbuatan melanggar pidana," harap Erwin. Rls