Pemanfaatan Teknologi Migas Terdepan, UIR dan Schlumberger Jalin Kerjasama


 

Seriau,- Untuk Meningkatkan Riset dan Kompetensi Mahasiswa berupa bantuan lisensi software senilai 732 Miliar Rupiah, Fakultas Teknik Universitas Islam Riau (FT UIR) jalin kerjasama dengan PT Schlumberger Geophysics Nusantara (Schlumberger Indonesia).

Kerjasama ini dalam bentuk serah terima bantuan lisensi software kepada Prodi Teknik Perminyakan. Juga dilakukan penandatanganan MoA (Memorandum of Agreement) antara kedua belah pihak dalam memanfaatkan penggunaan perangkat lunak dalam proses eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi.

Penandatanganan nota persetujuan bersama itu dilakukan oleh Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL, General Manager wilayah Sumatera Schlumberger Indonesia Dwi Yulianto, dan Dekan Fakultas Teknik Dr Eng Muslim MT,  di Ruang Auditorium  Lantai 4 Gedung Rektorat Kampus UIR, Selasa 17 Mei 2022.

Melalui kerjasama ini, Schlumberger Indonesia akan mendonasikan lisensi perangkat lunak (software) yang dapat menunjang kegiatan perkuliahan sivitas akademika UIR khususnya para mahasiswa Prodi Teknik Perminyakan dengan nilai bantuan tersebut setara dengan USD 50 Juta atau dikonversikan dengan rupiah sebesar 732 Milyar Rupiah.

Dalam sambutannya Rektor Syafrinaldi menyampaikan UIR sangat bahagia karena mendapatkan bantuan berupa software dari  Schlumberger yang tentunya sangat bermanfaat bagi UIR.

“Bantuan yang dikhususkan untuk prodi teknik perminyakan ini kami harapkan dapat menjadi langkah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Provinsi Riau” kata Syafrinaldi.

Ia menyebut, dengan adanya kerjasama terutama dengan perusahaan multinasional sekelas Schlumberger dapat kiranya menambah daftar kerjasama sama UIR dalam mewujudkan Visi  UIR menjadi universitas islam yang berkelas dunia berbasis iman dan taqwa.

Sementara, Dwi Yulianto menyampaikan pentingnya melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi di Indonesia.“ Schlumberger sudah banyak melakukan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di indonesia, bentuk pemberian software kepada perguruan tinggi ini adalah sebagai bentuk CSR sebagai bakti kami pada masyarakat. Software ini kami harap bisa digunakan prodi perminyakan yang ada di UIR untuk menunjang pembelajaran dan meningkatkan kompetensi dari mahasiswa agar siap masuk ke industri,” ujar Dwi Yulianto.

Kerjasama dalam bentuk bantuan teknologi perangkat lunak diharapkan dapat menunjang kegiatan perkuliahan mahasiswa dalam hal memberikan kajian menyeluruh terkait pemrosesan, interpretasi, pemodelan, simulasi reservoir dan perhitungan keekonomian dari lapangan minyak dan gas bumi.

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Siak Drs H Alfredi MSi, Sekretaris Umum YLPI Riau Drs Sudarmo Hasan MA, Spesialis Dukungan Bisnis dan Humas SKK Migas Rohadi, General Manager BOB PT Bumi Siak Pusako Ridwan, dan Schlumberger Digital & Integration Manager untuk Indonesia Asif Iqbal.

Untuk diketahui, Schlumberger adalah perusahaan penyedia jasa dan teknologi terintegrasi dalam bidang energi termasuk oil dan gas,  yang memiliki kantor utama di Houston, Paris dan London. (zal)