Satreskrim Polres Rohil Amankan Pelaku dan Eksavator Dikawasan PT Diamond Raya Timber

  • by Redaksi
  • Ahad, 05 Desember 2021 - 12:37:37 WIB


SeRiau - Satreskrim Polres Rokan Hilir dibantu Polsek Bangko berhasil amankan satu pelaku dan 1 eksavator Di kawasan IUPKHHK-HA (Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu Hasil Alam) PT Diamond Raya Timber Kepenghuluan Parit Aman Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir. Pada Jum'at 3 Desember 2021.

Pelaku yang diamankan berinisial D Naibaho (27) warga Gulamo Kelurahan Sintong Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir merupakan sang operator . selanjutnya turut mengamankan barang bukti berupa 1 unit Excavator Merk Hitachi PC 110 warna orange.
          
Hal itu disampaikan Kapolres Rokan Hilir AKBP Nurhadi Ismanto SH SIK melalui Kasubbag Humas AKP Juliandi SH mengatakan pelaku saat ini sudah ditetapkan tersangka usai dilakukan pemeriksaan, pada Sabtu (4/12/2021).

Ditetapkan tersangka terhadap pelaku ini,pasalnya telah melakukan pengolahan lahan Di kawasan IUPHHK-HA PT Diamond Raya Timber Kepenghuluan Parit Aman Kecamatan Bangko pada Rabu 01 Desember 2021. Kata AKP Juliandi SH, Minggu (5/12/2021).

Sebelumnya, Satreskrim Polres Rokan Hilir menerima laporan dari seorang karyawan PT Diamond Raya Timber terkait pengolahan lahan. pada Jum'at 03 Desember 2021 Pagi. "Laporan itu yang menyatakan adanya alat berat yang sedang bekerja diareal kawasan PT. Diamond Raya Timber, tepatnya berada di Jalan Batang Nibung RT.007 RW.003 Dusun II Kepenghuluan Parit Aman Kecamatan Bangko ." ujarnya.

Atas laporan tersebut, Kasat Reskrim Polres Rokan Hilir AKP Eru Alsepa SIK MH bersama timnya juga dibantu Kanit Polsek Bangko, Jaringan Masyarakat Gambut Riau (JMGR) dan pihak PT. diamond melakukan pengecekan disekitar lokasi. Hasilnya ditemukan lahan sekira 10 (sepuluh) Hektar sudah dalam keadaan bersih habis dan posisi alat berat sudah tidak ada dilahan tersebut

Dari serangkaian penyelidikan dan berdasarkan keterangan dari Jaringan Masyarakat Gambut Riau (JMGR) bahwa alat berat yang digunakan untuk membersihkan lahan sudah dikeluarkan dan diparkirkan  Simpang 200 Kepenghuluan Parit Aman Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir.
 
Kemudian Tim melakukan pengecekan dilokasi yang dimaksud, akhirnya alat berat Excavator PC 110 warna orange terparkir tidak jauh dari warung kopi yang saat itu dikendalikan oleh Pelaku Berinisial S Naibaho.

Setelah dilakukan interogasi pelaku menerangkan telah mengerjakan lahan milik Manurung dan S Nasution diareal Jalan Batang Nibung RT.007 RW.003 Dusun II Kepenghuluan Parit Aman Kecamatan Bangko. Selanjutnya pelaku langsung diamankan beserta alat berat ke Polres Rokan Hilir guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.(rls)